Menilik Perjalanan Gibran, dari Bisnis Kuliner hingga Fokus Jadi Politikus

Kompas.com - 16/10/2019, 11:16 WIB
Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka (kanan) bersiap memberikan keterangan pers usai menyerahkan berkas pendaftaran anggota PDI Perjuangan di kantor DPC PDI Perjuangan, Solo, Jawa Tengah, Senin (23/9/2019). Gibran Rakabuming Raka daftar menjadi kader PDI Perjuangan sebagai syarat untuk maju sebagai bakal calon Wali Kota Solo pada Pilkada tahun 2020 mendatang. ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHAPutra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka (kanan) bersiap memberikan keterangan pers usai menyerahkan berkas pendaftaran anggota PDI Perjuangan di kantor DPC PDI Perjuangan, Solo, Jawa Tengah, Senin (23/9/2019). Gibran Rakabuming Raka daftar menjadi kader PDI Perjuangan sebagai syarat untuk maju sebagai bakal calon Wali Kota Solo pada Pilkada tahun 2020 mendatang.

KOMPAS.com - Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, sudah bertekad kuat untuk maju sebagai calon wali kota di Pilkada Solo 2020.

Berdasarkan laporan Kompas.com, Selasa (15/9/2019), Gibran telah mendaftarkan diri sebagai anggota PDIP-P Surakarta.

Namun, hasil penjaringan tertutup yang dilakukan PDI-P Kota Surakarta muncul nama Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota yang diusung di pilkada.

Surat penugasan PDI-P Kota Surakarta untuk Purnomo dan Teguh pun telah dikirim ke DPP dan DPD PDI-P untuk mendapatkan rekomendasi.

Lantas, bagaimana perjalanan karir putra presiden Joko Widodo ini hingga memilih jalur politik?

Baca juga: Ketika Anak Pejabat Maju di Pilkada...

Bisnis katering

Pria kelahiran Solo 32 tahun silam ini mengawali karirnya sebagai pengusaha katering bernama Chili Pari.

Meski sang ayah berharap ia meneruskan usaha mebel miliknya, Gibran memilih merintis usaha sendiri dengan modal yang didapatnya dari pinjaman bank.

Gibran memilih usaha katering karena melihat adanya peluang untuk meraup untung pada bidang usaha itu.

"Saya melihat kesempatan pasarnya ada. Pernikahan orang kan pasti, event pernikahan ada terus. Apalagi saya punya gedung pernikahan sendiri. Jadi satu paket. Pasarnya jelas, pembelinya jelas ada," papar Gibran, seperti diberitakan Kompas.com, Selasa (29/8/2019).

Seiring berjalannya waktu, bisnis katering yang dirintis Gibran semakin berkembang. Ia bahkan memiliki wedding organizer hingga pengadaan suvenir, undangan dan foto pre-wedding.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Sumber kompas.com
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X