Kembalinya Sandiaga ke Gerindra Bukan soal Kecocokan Ideologi, tapi...

Kompas.com - 16/10/2019, 09:10 WIB
Sandiaga Uno di Jalan Pulombangkeng, Jakarta, Senin (14/10/2019). KOMPAS.com/HaryantipuspasariSandiaga Uno di Jalan Pulombangkeng, Jakarta, Senin (14/10/2019).

KOMPAS.com - Mantan calon wakil presiden pada Pilpres 2019, Sandiaga Uno menginformasikan kepada publik atas kembalinya dia ke partai Gerindra pada Selasa (15/10/2019).

Come back-nya pria juga yang pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut diunggah di akun Instagram miliknya, @sandiuno.

Unggahan berupa video singkat itu juga dilengkapi dengan keterangan "SAYA KEMBALI".

Menanggapi adanya fenomena tersebut, pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada ( UGM), Dodi Ambardi mengungkapkan bahwa kembalinya Sandiaga Uno (Sandi) ke partai Gerindra memberikan gambaran tentang apa dan bagaimana politik di Indonesia.

"Masuk ke Gerindra di awal, karena sumber daya finansial yang dimilikinya. Sebagaimana dinyatakannya sendiri, banyak partai yang mendekatinya saat itu," ujar Dodi kepada Kompas.com, Rabu (16/10/2019).

Menurutnya, ketika awal mula Sandiaga bergabung ke Gerindra, orang-orang menganggap masuknya Sandi dikarenakan ia dipandang sebagai pengusaha yang sukses.

Hal inilah yang kemudian menjadi pertimbangan pokok.

Tak hanya itu, faktor lain yang menjadi poin tambahan dari sosok Sandiaga Uno, yakni saat itu dirinya tergolong masih muda dan memiliki paras menawan.

Ketika Sandi memutuskan keluar dari partai Gerindra, alasannya agar pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada Pilpres 2019 dapat diterima oleh partai koalisi pendukung.

"Masuk-keluarnya Sandiaga ke dan dari Gerindra, karenanya bukan soal kecocokan ideologi, tapi kecocokan sumber daya yang dimiliki Sandiaga dengan keperluan partai akan sumber daya itu," ujar Dodi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X