Hari Ini dalam Sejarah: Lahirnya Walt Disney Company

Kompas.com - 16/10/2019, 06:00 WIB
Penampilan karakter Mickey Mouse saat acara Disney On Ice Celebrated Everyones Story di ICE BSD Serpong, Banten, Rabu (18/04/2018). Pertunjukan ice skating dari sejumlah karakter Disney seperti, Mickey Mouse, Minnie Mouse, Goofy, Donald Duck, Frozen dan lain-lain akan berlangsung dari 8 hingga 22 April 2018. KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELIPenampilan karakter Mickey Mouse saat acara Disney On Ice Celebrated Everyones Story di ICE BSD Serpong, Banten, Rabu (18/04/2018). Pertunjukan ice skating dari sejumlah karakter Disney seperti, Mickey Mouse, Minnie Mouse, Goofy, Donald Duck, Frozen dan lain-lain akan berlangsung dari 8 hingga 22 April 2018.

KOMPAS.com - Siapa tak kenal Walt Disney? Selain dikenal sebagai animator ulung, namanya juga diabadikan menjadi sebutan sebuah perusahaan animasi terkenal di dunia.

Perusahaan ini dikenal karena memproduksi berbagai film kartun yang digemari oleh anak-anak bahkan orang dewasa di berbagai negara.

Melansir laman Encyclopedia Brittanica, Walt Disney merintis karir di bidang kartun saat ia bekerja di perusahaan iklan di Kansas City pada tahun 1920.

Lalu pada tahun 1922, ia bersama dengan animator Ub Iwerks mendirikan studio Laugh-O-grams Films dan memulai serangkaian proses produksi film kartun.

Pada tahun 1923, ia mulai memproduksi film pendek Alice's in Cartoonland. Namun beberapa minggu setelah film ini selesai diproduksi, Disney mengajukan pailit dan meninggalkan Kansas City untuk bekerja di Hollywood.

Baca juga: Film Karakter Pertama Ciptaan Walt Disney yang Hilang Ditemukan di Jepang

Di tempat ini, dia mengajak saudaranya, Roy untuk menggarap kisah Alice dengan nama lain yakni Alice Comedies.

Usahanya pun berhasil. Dia dikontrak oleh distributor asal New York, M. J Wrinkler untuk film Alice Comedy pada 16 Oktober 1923. Tanggal ini pun kini dikenal sebagai awal berdirinya sebuah perusahaan animasi terbesar di dunia.

Perjalanan Walt Disney

Pada awal berdirinya, Walt Disney Company dikenal dengan nama Disney Brothers Cartoon Studio. Perusahaan ini didirikan Walt Disney bersama dengan saudaranya, Roy.

Menurut laman Walt Disney Company, Walt Disney membuat Alice Comedy selama empat taun. Lalu mereka memutuskan untuk berganti haluan ke serial kartun. Untuk menghidupkan serial ini, Walt Disney menciptakan karakter bernama Oswald the Lucky Rabbit.

Namun rencana ini tak berjalan mulus. Distributor serial kartunnya ternyata mendaftarkan paten semua animasi ciptaan Disney. Ketika membaca ulang kontraknya, Walt Disney baru sadar, bahwa ia tidak memiliki hak untuk karakter Oswald.

Sejak saat itu, Walt Disney selalu memastikan, bahwa dia memiliki seluruh hak atas karakter dan cerita yang ia buat.

Setelah kehilangan hak cipta atas Oswald, Walt Diseny akhirnya menciptakan karakter baru yang kini dikenal dengan nama Mickey Mouse.

Saat menciptakan kisah untuk Mickey, Walt bekerja sama dengan animator Ub Iwerks untuk menggarap dua film animasinya yaitu Plane Crazy (1928) dan Gallopin’ Gaucho (1928).

Tetapi, setelah film tersebut jadi, Walt tidak dapat menjualnya. Ini karena animasi yang mereka buat merupakan film bisu. Perlu diketahui, saat itu, keberadaan audio mulai merevolusi industri film.

Setelah itu, Walt membuat kartun Mickey Mouse ketiga berjudul Steamboat Willie. Kali ini ia membuatnya dengan suara yang telah disinkronkan.

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X