Kompas.com - 15/10/2019, 21:05 WIB
Palapa Ring Indonesia KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoPalapa Ring Indonesia

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo kemarin meresmikan "tol langit" bernama Palapa Ring dalam sebuah acara di Istana Negara, Senin (14/10/2019).

Meski disebut sebagai tol, Palapa Ring sebenarnya adalah salah satu infrastruktur internet yang telah dirancang sejak lama. Palapa Ring sendiri merupakan sebuah proyek jeringan serat optik untuk kemudahan akses digital.

Jokowi menyebut, proyek ini merupakan bentuk perhatian pemerintah atas ketimpangan tajam dalam hal konektivitas digital antar-daerah.

Proyek ini sendiri terdiri dari tiga paket, yaitu barat, tengah dan timur.

Setelah sempat mangkrak, proyek ini akhirnya rampung bersamaan dengan selesainya Palapa Ring paket Timur pada Agustus 2019 lalu.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai proyek Palapa Ring ini, simak dalam infografik berikut!

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Palapa Ring Indonesia

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X