Stres Kondisi Keuangan Tak Menentu? Ini Cara Mengatasinya

Kompas.com - 15/10/2019, 20:30 WIB
Ilustrasi shutterstock.comIlustrasi

KOMPAS.com - Jika Anda khawatir tentang uang, Anda tidak sendirian. Keuangan sering kali disebut sebagai penyebab stres nomor satu di dunia. Seringkali saat merasa cemas terutama soal keuangan, seseorang bisa terjaga saat malam hari.

Hal ini tentu saja berpengaruh buruk terutama jika dia harus bekerja pada esok harinya.

Menurut praktisi kesehatan mental, Deepak Chopra, seperti dikutip dari CNBC, stres mengenai keuangan dapat membuat tekanan darah naik dan membuat seseorang berpotensi terserang berbagai penyakit, seperti migrain, masalah pencernaan, dan penyakit jantung atau penyakit lain yang sering dikaitkan dengan stres.

Penulis buku Metahuman: Unleashing Your Infinite Potential ini juga menuturkan, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengendalikan stres terutama pada masalah keuangan, seperti:

Baca juga: Ini Pentingnya Bikin Perencanaan Keuangan Sejak Muda...

Hidup sesuai kemampuan

Pertama, ia menyarankan agar Anda hidup sesuai kemampuan. Berdasarkan data Federal Reserve, orang-orang Amerika Serikat berutang lebih dari 4 triliun dollar AS pada Juli 2019.

Selain itu, penggunaan kartu kredit juga meningkat di kalangan orang dewasa muda. Data New York Fed menunjukkan, sebanyak lebih dari 52 persen orang yang berusia 20-an tahun di AS saat ini memiliki kartu kredit.

Menurut Chopra, mereka yang aman secara finansial biasanya tidak menghabiskan uang yang belum mereka peroleh untuk membeli barang-barang yang tidak mereka butuhkan.

"Atau untuk mengesankan orang-orang yang tidak mereka sukai," ucap Chopra.

Menyimpan uang

Setiap ahli keuangan pasti menyaranan Anda untuk menabung termasuk untuk keadaan darurat dan dana pensiun. Namun faktanya, 28 persen orang AS tidak memiliki tabungan darurat.

Padahal hal ini sangat penting untuk kesehatan keuangan.

"Saya juga telah melihat dalam hidup saya bahwa dalam budaya di mana orang menyimpan 10 persen dari gaji bulanan mereka dan memasukkannya ke dalam investasi berisiko rendah, dalam jangka panjang mereka jauh lebih baik," ucap dia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X