Kompas.com - 13/10/2019, 07:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang membuat kita tidak percaya diri bahkan malu untuk tampil di depan umum.

Agar wajah bebas dari masalah kulit yang cenderung membandel ini, seluruh rangkaian produk perawatan kulit pun dijajal, salah satunya sabun antiseptik dan produk perawatan wajah khusus kulit berjerawat.

Namun, produk dengan kandungan khusus untuk mengatasi jerawat cenderung berbahan yang bersifat iritan dan meninggalkan wajah menjadi kering.

Staf Pengajar Bagian Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)/RSUD Prof dr Margono Sorkarjo, Ismiralda Okke Putranti menyampaikan bahwa pada ummumnya sabun yang menimbulkan busa mengandung bahan yang bersifat iritan atau mengakibatkan iritasi pada kulit.

Baca juga: [KLARIFIKASI] Unpar Sediakan Sabun Cuci Muka Senilai Rp 200.000 di Toilet

"Sabun tersebut termasuk juga sabun jerawat, biasanya terdapat bahan-bahan yang bersifat menarik kotoran sekaligus kelebihan minyak, sehingga kalau selesai mencuci muka jadi semakin kering," ujar Okke saat dihubungi Kompas.com pada Sabtu (12/10/2019).

Menurutnya, penyebab sabun khusus kulit berjerawat mengandung bahan Beta Hydroxy Acid (BHA), asam salisilat, sulfur, dan lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun bahan-bahan tersebut disinyalir bersifat iritan.

Sementara, agar kulit wajah kita bebas jerawat dan tidak kering, Okke memberikan sejumlah tips yang dapat dilakukan, antara lain:

  • Pilih sabun yang ringan khusus untuk jerawat
  • Jangan mencuci muka dengan cara digosok terlalu lama, cukup dengan memutar di seluruh area wajah
  • Hindari area mata dan mulut
  • Cuci muka sebaiknya kurang dari 1 menit dan bilas dengan air
  • Segera pakai pelembap yang sesuai dengan jenis kulit

Sementara itu, salah satu warganet di media sosial Twitter pun turut menanyakan mengenai sabun antiseptik yang dinilai cocok untuk mengobati jerawatnya.

Namun, pengguna lainnya pun menimpali dengan jenis sabun khusus jerawat yang dinilai juga cocok untuk wajah berjerawat meski sabun tersebut untuk penggunaan di badan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.