Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Drama Pembajakan Pesawat Lufthansa Tahun 1977

Kompas.com - 13/10/2019, 06:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah pesawat jet jenis Boeing 737 dibajak oleh orang-orang bersenjata. Pembajakan ini terjadi pada Jumat, 12 Oktober 1977.

Mengutip pemberitaan Harian Kompas, 15 Oktober 1977, para pembajak menuntut pembebasan 11 orang tahanan yang meringkuk di penjara di Jerman Barat dan Turki.

Pesawat milik maskapai Lufthansa tersebut mengangkut 87 orang penumpang dan lima orang awak, dan terbang dari Mallorca di Spanyol ke Frankfurt.

Menurut pemberitaan, dua orang pembajak menodongkan senjata api kepada pilot dan memerintahkan agar mereka mendaratkan pesawat di Roma kemudian di Siprus. Di kedua tempat itu, para pembajak menuntut agar bahan bakar pesawat diisi.

Kala itu, pihak Lufthansa mengatakan, kebanyakan penumpang adalah orang-orang Jerman Barat yang baru kembali berlibur dari Mallorca. Adapun 11 orang di antaranya merupakan ratu kecantikan Jerman.

Baca juga: Venezuela Krisis Ekonomi, Lufthansa Bekukan Penerbangan ke Caracas

Setelah keluar dari Siprus, pesawat itu terbang ke arah timur, namun tidak diizinkan mendarat di Beirut, Damaskus, dan Kuwait. Tepai akhirnya, mendarat di Bahrain.

Selang satu setengah jam kemudian, pesawat terbang lagi dan mendarat di Dubai. Selepas pendaratan, pasukan bersenjata lengkap dengan topi baja langsung mengepung lapangan terbang.

Kemudian, saat itu juga, Menteri Pertahanan Persatuan Emirat Arab, Sheik Mohammed bin Rashid al Maktoum memulai perundingan dengan para pembajak melalui radio. Saat itu, Sheikh Mohammed meminta pembajak untuk membebaskan sandra wanita dan anak-anak.

Akan tetapi, tuntutan tersebut tidak dikabulkan. Para pembajak juga menuntut tebusa sebesar 15 juta dollar AS. Jika tuntutan tersebut tidak dikabulkan, mereka berencana akan meledakkan pesawat beserta dengan awak dan penumpang.

Setelah itu para pembajak mengatakan bahwa para penumpang haus dan meminta minuman. Pemerintah setempat kemudian mengabulkan permintaan tersebut dengan mengirimkan kendaraan pengangkut minuman.

Tetapi, saat mendekat, para pembajak menyuruh supir kendaraan untuk berhenti dalam jarak 50 meter dari pesawat.

Adapun supir kendaraan disuruh turun dari kendaraan sembari mengeluarkan botol-botol minuman.

Para pembajak memberikan batas waktu hingga Minggu untuk membebaskan sembilan orang rekan mereka yang ditahan oleh Jerman Barat. Selain itu, mereka juga menuntut agar dua orang rekan mereka yang dipenjara di Turki untuk dibebaskan juga.

Setelah itu, pesawat pergi meninggalkan Dubai sekitar satu jam sebelum batas waktu yang ditetapkan.

Dilansir dari Washington Post, para pembajak membawa pesawat menuju ke Oman, namun saat itu, pemerintah setempat tidak mengizinkan. Mereka kemudian menuju ke Aden di Yaman, tetapi pemerintah setempat juga melakukan hal serupa.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com