Belajar dari Kasus SPBU Terbakar, Ini Imbauan Pertamina untuk Konsumen

Kompas.com - 12/10/2019, 15:48 WIB

KOMPAS.com - Sebuah mobil Daihatsu Grand Max terbakar saat melakukan pengisian bahan bakar minyak (BBM) di SPBU Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur pada Jumat (11/10/2019).

Adapun kejadian terbakarnya mobil ini diduga karena radiasi yang terpancar dari ponsel milik konsumen.

Menyoal penggunaan ponsel dalam area SPBU, Manager Communication & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III, Dewi Sri Utami mengimbau kepada masyarakat supaya tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan di SPBU.

"Matikan mesin kendaraan, tidak menggunakan telepon seluler, tidak merokok di area SPBU, dan tidak mengisi BBM selain ke tangki kendaraan," ujar Dewi saat dihubungi Kompas.com pada Jumat (11/10/2019).

Baca juga: Pom Bensin Cipayung Terbakar karena Radiasi Ponsel, Ahli LIPI: Tidak Mungkin

Patuhi peraturan

Selain itu, ia juga mengingatkan kepada masyarakat bahwa di setiap SPBU telah terpasang logo dan simbol mengenai peraturan apa saja yang harus dipatuhi saat pengisian BBM.

Logo dan simbol tersebut antara lain, simbol ponsel yang dicoret, simbol kamera yang dicoret, dan simbol rokok yang dicoret.

Untuk simbol ponsel yang dicoret, Dewi menjelaskan bahwa penggunaan ponsel dan alat portable electronic product (PEP) seperti, tablet, iPad, Kindle secara umum tidak diperuntukkan digunakan di area berbahaya, misalnya zona 1 dan 2 di SPBU.

"Penggunaan ponsel dan PEP di area berbahaya, yakni zona 1 dan zona 2, berpotensi tinggi mengakibatkan insiden seperti kebakaran dan ledakan di area tersebut," ujar Dewi.

Adapun potensi bahaya yang timbul, yakni saat peralatan tersebut dalam mode aktif atau karena sedang digunakan.

Untuk ponsel, ketika ada panggilan masuk atau panggilan keluar yang berindikasi mengakibatkan ledakan pada SPBU.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.