Viral Video Kuyang di Samarinda, Mengapa Bisa Bikin Heboh?

Kompas.com - 11/10/2019, 19:13 WIB
Tangkapan layar salah satu trending di media sosial Twitter mengenai kuyang. Twitter: @minm00ngeTangkapan layar salah satu trending di media sosial Twitter mengenai kuyang.

KOMPAS.com - Kuyang muncul dalam daftar trending Twitter Indonesia, Jumat (11/10/2019). Viral kuyang muncul berawal dari video yang diunggah sebuah akun di Twitter.

Hingga Jumat siang, ada lebih dari 20.000 twit yang berbagi tentang "kuyang".

Dalam video yang viral itu, kuyang yang dipercaya sebagai siluman terekam dalam kamera CCTV tengah melintas di permukiman dan diburu oleh warga Samarinda, Kalimantan Timur.

"Video kuyang kena timpuk sapu lidi warga. Sc: samarindateam," tulis salah satu pengguna Twitter, Kamis (10/10/2019).

Pada video berdurasi 1 menit 49 detik itu terlihat sejumlah warga mengejar kuyang yang diduga sempat melintas dan tertangkap oleh CCTV.

Video ini bahkan ditonton lebih dari 500.000 kali.

Mengapa segala sesuatu mengenai hal gaib selalu bikin heboh?

Pengamat budaya dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, Sunu Wasono, mengatakan, kepercayaan tentang adanya makhluk halus atau lelembut memang masih hidup di tengah masyarakat Indonesia.

Ia menyebutkan, jika di Kalimantan ada kuyang, di Jawa ada lelembut Glundhung Pringis, Jrangkong, Cumplung, dan sebagainya.

"Di tempat lain pasti ada jenis-jenis lelembut yang namanya juga berbeda-beda. Kuyang mungkin hanya salah satu jenis lelembut di Kalimantan," kata Sunu, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (11/10/2019).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X