Wisuda, Ini 3 Fakta Pendidikan Kaesang di Singapura

Kompas.com - 09/10/2019, 21:00 WIB
Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, ketika menerima SUSS-EMP Alumni Entrepreneurship Award dari Presiden Singapura Halimah Yacob dalam upacara wisuda Singapore University of Social Sciences Rabu (9/10/2019). STRAITS TIMES/GAVIN FOOPutra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, ketika menerima SUSS-EMP Alumni Entrepreneurship Award dari Presiden Singapura Halimah Yacob dalam upacara wisuda Singapore University of Social Sciences Rabu (9/10/2019).

KOMPAS.com - Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep lulus dari Singapore University of Social Sciences (SUSS). Kelulusan Kaesang ini ditandai dengan prosesi wisuda yang digelar pada Rabu (9/10/2019).

Sebelumnya, Kaesang telah menempuh pendidikan di Anglo-Chinese School (ACS) International atau setara SMA yang juga berada di Singapura.

Selama menempuh pendidikan di negeri Singa tersebut, Kaesang diketahui merintis sejumlah bisnis dan melaksanakan beberapa hal selama kuliah. Berikut faktanya:

Merintis bisnis sebelum lulus hingga dapat penghargaan bidang wirausaha

Kaesang tercatat sudah memulai usaha di beberapa selama masih berada di tingkat menengah dan pendidikan tinggi.

Sejumlah usaha ia rintis baik pribadi maupun kerja sama dengan pihak lain seperti, Sang Javas, Sang Pisang, Ternakopi, Mangkok Ku bersama dengan Gibran Rakabuming dan Chef Arnold, serta Kedai Rakyat bersama dengan Gibran dan Bobby Nasution.

Baca juga: Raih Penghargaan Wirausaha saat Wisuda, Ini Deretan Bisnis Kaesang

Kemudian ia juga memulai usaha di bidang lain seperti board games dengan merek Hompipa! Games bersama dengan Gibran dan Erwin J. Skripsiadi.

Selain itu, kolaborasi kakak beradik Gibran dan Kaesang juga melahirkan bisnis jas hujan dengan nama Tugas Negara Bos!. Tak hanya itu, Kaesang juga mengembangkan aplikasi Madhang.id.

Kegigihan Kaesang merintis bisnis sejak bangku kuliah ini mengantarkannya sebagai salah satu wisudawan yang dianggap berprestasi dalam bidang wirausaha. Penghargaan ini diberikan kepada Kaesang pada prosesi wisuda hari ini.

Selain memang punya usaha di berbagai bidang, Kaesang memang menempuh pendidikan dengan Jurusan Marketing dengan peminatan komunikasi.

Presiden Joko Widodo dan Istrinya Iriana Joko Widodo memberikan selamat kepada, Kaesang Pangarep, saat acara kelulusan Program International Baccalaureate di Anglo-Chinese School (International) Singapura, Jumat (21/11/2014). Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo hadir dalam acara tersebut.AP PHOTO / WONG MAYE-E Presiden Joko Widodo dan Istrinya Iriana Joko Widodo memberikan selamat kepada, Kaesang Pangarep, saat acara kelulusan Program International Baccalaureate di Anglo-Chinese School (International) Singapura, Jumat (21/11/2014). Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo hadir dalam acara tersebut.
Sejak SMA, tak mengaku anak pejabat

Laman Strait Times menyatakan, selama menempuh studi, Kaesang tidak menyatakan diri sebagai putra orang nomor 1 di Indonesia.

Selama empat tahun ia menempuh pendidikan di SUSS, para mahasiswa tidak mengetahui bahwa Kaesang adalah pua bungsu Presiden Indonesia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X