Raih Penghargaan Wirausaha saat Wisuda, Ini Deretan Bisnis Kaesang

Kompas.com - 09/10/2019, 19:30 WIB
Putera bungsu Presiden Jokowi Kaesang Pangarep saat Grand Opening Mangkok Ku di Tanjug Duren, Jakarta Barat, Sabtu (20/7/2019). KOMPAS.com/IhsanuddinPutera bungsu Presiden Jokowi Kaesang Pangarep saat Grand Opening Mangkok Ku di Tanjug Duren, Jakarta Barat, Sabtu (20/7/2019).

KOMPAS.com - Putra bungsu Presiden Joko Widodo dinyatakan lulus dari pendidikannya di Singapore University of Social Sciences (SUSS).

Melansir Strait Times, Rabu (9/10/2019), Kaesang lulus dengan gelar Sarjana di bidang Marketing dengan peminatan di Komunikasi. 

Dia juga meraih penghargaan sebagai satu dari tiga mahasiswa yang dianggap berprestasi di bidang wirausaha. Pemuda 24 tahun itu mendirikan bisnis di beberapa bidang, seperti:

Sang Javas

Kaesang meeluncurkan bisnis lini busana berupa kaus bermerek Sang Javas. Kaus yang ia produksi ini bertemakan kecebong.

Menurutnya, kecebong merupakan hewan yang memiliki nilai filosofis mendalam sebagai simbol metamorfosa.

Dalam kehidupan, hewan ini bermetamorfosa dari kecebong kecil menjadi berudu berkaki, kemudian berubah menjadi katak muda sebelum akhirnya menjadi katak dewasa.

Sebelum meluncurkan Sang Javas, Kaesang telah menjajal bisnis clothing sejak masih duduk di bangku sekolah menengah atas.

Namun ia gagal dua kali saat itu karena kurang mengetahui secara teknis mengenai bisnis tersebut.

Baca juga: Status Kaesang sebagai Putra Presiden Jokowi Terungkap Saat Wisuda, Wisudawan di Singapura Terkejut

Sang Pisang

Salah satu usaha kuliner yang dirintis putra presiden ini adalah Sang Pisang. Usahanya ini menawarkan olahan pisang dalam berbagai varian rasa, seperti tiramisu almond, avocado milo, vanilla koko krunch, dan choco cheese.

Ternakopi

Setelah terjun di bisnis pisang goreng dengan label Sang Pisang, Kaesang melebarkan bisnis kulinernya dengan membuka kedai kopi.

Tak seperti kedai kopi pada umumnya, bisnis milik Kaesang ini berada di sebuah kontainer yang sudah dimodifikasi. Kemasan kopi yang dijual juga berbeda dan hanya mengandalkan botol plastik.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X