Awas, Terbangan Puntung Rokok saat Berkendara Bisa Rusak Kornea Mata

Kompas.com - 09/10/2019, 17:28 WIB
Ilustrasi mata iritasi Shutterstock.comIlustrasi mata iritasi


KOMPAS.com – Pernahkah mata Anda terkena puntung rokok yang berasal dari orang lain yang merokok sambil berkendara dengan motor atau mobilnya dengan jendela terbuka?

Kejadian semacam ini sering terjadi, seiring belum tumbuhnya kesadaran dalam diri setiap pengendara untuk tidak merokok saat berkendara.

Saat percikan panas dari puntung rokok itu masuk ke dalam mata, seketika rasa panas dan pedih akan kita rasakan.

Rasa panas dan pedih itu akan terus terasa hingga beberapa saat. Namun, ketika senua sudah terasa normal bukan berarti mata kita terbebas dari ancaman kesehatan yang mungkin saja timbul.

Menurut dokter ahli mata dari Bandung Eye Center dr. Grimaldi Ihsan, SpM percikan bara dari puntung rokok bersifat lebih merusak daripada benda asing lain yang masuk ke mata.

“Lebih bahaya, lebih bersifat merusak, lebih mudah membuat lecet dampaknya,” kata dia saat dihubungi, Rabu (9/10/2019).

Baca juga: Viral Pengendara Adu Mulut Akibat Rokok, Ini Ancaman Hukum Merokok saat Berkendara

Terlebih benda asing itu mengandung panas dan masuk ke dalam mata dalam kecepatan yang tinggi, karena sedang berkendara di atas sepeda motor.

Menurutnya, bagian mata yang pertama terkena percikan bara dari puntung rokok ini adalah kornea yang di dalamnya terdapat banyak syaraf dan juga sensitif, akan langsung terasa jika suatu benda asing masuk ke dalamnya.

“Nah kalau puntung rokok juga sama sih, itu kan panas ya. Namanya kebakar, kalau dia kena mata ujung-ujungnya iritasi. Kalau iritasi, selain bisa menyebabkan lecet, bisa juga menyebabkan infeksi, belum tentu puntung itu steril atau enggak,” jelas Grimaldi.

Paling parah, percikan api puntung rokok yang mengenai mata seseorang bisa menyebabkan kerusakan pada bagian kornea.

“Kalau trauma termal ya, yang missal puntung rokoknya gede gitu bisa infeksi atau ulkus (luka) kornea, kalau ternyata apes saja kemudian ada infeksi sekundernya,” ujarnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X