Viral #Instagramdarkmode, Ini Langkah Mengaktifkannya

Kompas.com - 09/10/2019, 10:08 WIB
Instagram memperbarui tampilannya yang kini bisa diubah ke mode gelap. Kompas.com/Retia Kartika DewiInstagram memperbarui tampilannya yang kini bisa diubah ke mode gelap.

KOMPAS.com - Media sosial Twitter tengah diramaikan dengan pengaturan Istagram yang bisa diubah ke mode gelap atau dark mode, pada Rabu (9/10/2019) pagi ini.

Hingga saat ini #Instagramdarkmode telah ditwit sebanyak lebih dari 24.600 kali oleh pengguna Twitter.

Berbondong-bondong warganet Twitter mengunggah tangkapan layar ponselnya yang berhasil berubah ke dark mode, namun beberapa orang masih ada yang belum bisa.

Lantas, bagaimana cara mengubah Instagram kita menjadi dark mode?

Untuk pengguna Android

Kompas.com telah mencoba untuk mengatur Instagram dari light mode agar dapat menjadi dark mode dengan langkah-langkah yang sederhana.

  1. Pastikan ponsel Anda memiliki fitur mode malam atau night mode pada setting. Cara mengeceknya, yakni Pengaturan --> Tampilan --> Night Mode --> On
    Perubahan tampilan dari light mode menjadi dark mode pada ponsel Android.Kompas.com/Retia Kartika Dewi Perubahan tampilan dari light mode menjadi dark mode pada ponsel Android.
  2. Kemudian, buka Play Store dan ketik Instagram Beta untuk mendapatkan aplikasi versi beta. Caranya, Play Store --> Instagram --> pilih "gabung". Jika aplikasi Instagram Anda meminta pembaruan aplikasi, perbarui dulu aplikasi tersebut.
    Tampilan bergabung atau tidak dengan Instagram versi beta pada Play Store.Kompas.com/Retia Kartika Dewi Tampilan bergabung atau tidak dengan Instagram versi beta pada Play Store.
  3. Setelah itu buka aplikasi Instagram, dan tampilan Instagram Anda sekarang telah berubah ke tampilan dark mode.
    Tampilan Instagram dark mode di ponsel Android.Kompas.com/Retia Kartika Dewi Tampilan Instagram dark mode di ponsel Android.

Adapun fitur dark mode ini, juga bisa dipakai pada Android 9 atau Android Pie.

Baca juga: Trending di Twitter, Apa Itu Trypophobia?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak hanya di ponsel dengan sistem operasi Android, Instagram dark mode juga bisa diterapkan pada pengguna iPhone.

Dilansir dari situs lifehacker, berikut langkah-langkah untuk mengubah Instagram mode gelap di iPhone.

Untuk pengguna iOS

  1. Pastikan iPhone Anda telah terpasang iOS 13. Sebab, fitur dark mode hanya bisa digunakan oleh ponsel dengan fitur bawaan.
    Tampilan pengaturan aplikasi iPhone dengan iOS 13.Kompas.com/Retia Kartika Dewi Tampilan pengaturan aplikasi iPhone dengan iOS 13.
  2. Lalu, pilih Pengaturan -->Tampilan --> pilih "Light" ke "Dark"      
    Tampilan pengaturan iPhone dari mode terang menjadi mode gelap.Mela Arnani Tampilan pengaturan iPhone dari mode terang menjadi mode gelap.
  3. Atau Anda bisa juga mengaktifkan dark mode secara otomatis ke mode gelap saat waktu menunjukkan matahari mulai terbenam. Namun, ketika memasuki waktu matahari terbit, ponsel akan kembali ke mode terang.
  4. Jika tampilan Instagram Anda belum berubah ke mode gelap, maka Anda harus memperbarui atau meng-update versi Instagram.

Sebelumnya, aplikasi Twitter telah merilis mode malam yang bisa diterapkan pada ponsel Android atau iOS dengan pengaturan sesuka hati.

Mode malam ini banyak dipakai oleh sejumlah orang yang lebih menyukai tampilan yang tidak terlalu terang di mana menyebabkan mata mudah lelah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X