Jerat Korupsi di Provinsi Lampung, 4 Bupati Tertangkap KPK Sejak 2018

Kompas.com - 07/10/2019, 19:01 WIB
Korupsi. s3images.coroflot.comKorupsi.

KOMPAS.com - Korupsi adalah ancaman serius. Tak hanya dalam ranah peerintahan, korupsi di sebuah perusahaan pun berpotensi merugikan hingga membuat bangkrut.

Di Indonesia sendiri, sejumlah pejabat pemerintah, mulai dari eksekutif hingga legislatis dan pemerintah daerah hingga pusat tak luput dari tindak korupsi.

Kasus paling baru adalah korupsi di wilayah Provinsi Lampung. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhasil melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Lampung Utara.

Bukan hanya kepala daerah Lampung Utara, sejak 2018 tercatat sudah ada empat bupati di Provinsi Lampung yang terjerat kasus korupsi.

Baca juga: OTT KPK, Bupati Lampung Utara Diamankan di Rumah Dinasnya, Disoraki Warga

Berikut daftarnya:

1. Bupati Lampung Utara

Bupati Lampung Utara, Agung Ilmu Mangkunegara menjadi nama terakhir dari kepala daerah Lampung yang terjerat kasus korupsi.

Meski statusnya belum ditentutakan KPK, Agung bersama tiga orang lainnya terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK pada Minggu (6/10/2019).

Dalam OTT tersebut, KPK mengamankan barang bukti uang sebesar Rp 600 juta.

"Total uang yang diamankan sekitar Rp 600 juta. Diduga terkait dengan proyek di Pemkab Lampung Utara," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah dalam keterangan tertulis, Senin (7/10/2019).

OTT yang menyeret bupati Lampung Utara itu diduga terkait dengan urusan proyek di Dinas PU atau Koperindag di Kabupaten Lampung Utara.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X