Selain Jokowi, Berikut Daftar 50 Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia

Kompas.com - 06/10/2019, 13:21 WIB
Inilah sampul publikasi The Muslim 500, di mana Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) berada di urutan 13 dari 50 tokoh Muslim berpengaruh dunia. The Muslim 500Inilah sampul publikasi The Muslim 500, di mana Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) berada di urutan 13 dari 50 tokoh Muslim berpengaruh dunia.

 KOMPAS.com - Pusat Studi Strategi Islam (The Royal Islamic Strategic Studies Centre) di Amman, Jordania, merilis daftar 500 tokoh muslim paling berpengaruh di dunia.

Seperti biasa, dalam daftar ini, 50 tokoh muslim teratas yang dianggap paling berpengaruh dipilah secara khusus. 

Menurut situs resmi lembaga themuslim500.com, pengumuman nama-nama para tokoh ini dilakukan untuk melihat seberapa besar pengaruh seseorang Muslim terhadap komunitasnya.

Seperti halnya daftar tahun lalu, daftar 50 tokoh Islam yang paling berpengaruh juga masih didominasi para ulama dan kepala negara.

Peringkat pertama diduduki oleh Sheikh Muhammad Taqi Usmani, seorang hakim dan ulama terkemuka dari Pakistan.

Sementara peringkat kedua dan ketiga ditempati oleh Ayatollah Hajj Sayyid Ali Khamenei, pemimpin spiritual Republik Islam Iran dan Jenderal Sheikh Mohammed bin Zayed Al-Nahyan, Pangeran Abu Dhabi serta Wakil Komandan dari Angkatan Bersenjata UEA.

Selanjutnya, peringkat keempat diduduki oleh Raja Salman bin Abdul Aziz al-Saud dari Arab Saudi.

Lalu yang kelima ialah Raja Abdullah II Ibn Al-Hussein Raja Hashemite Kerajaan Yordania.

Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Tiga nama dari Indonesia

Sebanyak tiga tokoh asal Indonesia, masuk ke dalam 50 besar, termasuk Presiden Joko Widodo.

Dua tokoh yang lain adalah Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj, dan kiai kharismatik asal Pekalongan Luthfi bin Yahya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X