Jalur Pendakian Gunung Raung Terbakar, 13 Pendaki Berhasil Dievakuasi

Kompas.com - 05/10/2019, 12:16 WIB
Hotspot di sekitar Gunung Raung, Jumat (5/10/2019). Satelit LAPANHotspot di sekitar Gunung Raung, Jumat (5/10/2019).

KOMPAS.com - Kebakaran hebat terjadi di jalur pendakian Gunung Raung, Jawa Timur, Jumat (4/10/2019) malam. 13 pendaki dikabarkan sempat terjebak di camp 9 dan belum bisa turun.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB), Agus Wibowo mengatakan pendaki yang sempat terjebak tersebut terdiri dari 2 porter, 2 guide, 2 WNI dan 7 WNA Singapura.

"Update terbaru pukul 10.30 WIB, para pendaki sudah tiba di Base Camp Wonorejo dalam keadaan sehat dan selamat. Saat ini sedang dilakukan pemeriksaan kesehatan," ujarnya kepada Kompas.com, Sabtu (5/10/2019).

Dari 13 pendaki tersebut, imbuhnya 2 orang di antaranya terluka ringan dan tidak memerlukan rujukan untuk penanganan lanjutan.

"Rencananya setelah selesai pemeriksaan kesehatan dan istirahat di base camp para pendaki akan melanjutkan perjalanan pulang," katanya.

Saat disinggung terkait kebakaran yang terjadi, menurutnya masih merambat ke lokasi lain. Laporan yang diterima, masih terdapat potensi bahaya titik api di camp 2, sehingga sewaktu operasi Tim SAR gabungan dari seluruh potensi yang ada sempat berusaha mencari jalur alternatif.

Baca juga: Ramai soal Ojek di Gunung Sindoro, Ini Faktanya...

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X