Hari Ini dalam Sejarah: Bencana Banjir Bandang Wasior, Papua Barat, 150 Orang Meninggal Dunia

Kompas.com - 04/10/2019, 05:40 WIB
Sebuah alat berat, Senin (11/10/2010), digunakan untuk menyingkirkan batu dan kayu yang menutupi jalan di Kampung Rado, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat. Akses di dalam kota dan ke luar kota tertimbun longsoran kayu, lumpur, dan batu akibat banjir bandang, 4 Oktober 2010. KOMPAS/ICHWAN SUSANTOSebuah alat berat, Senin (11/10/2010), digunakan untuk menyingkirkan batu dan kayu yang menutupi jalan di Kampung Rado, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat. Akses di dalam kota dan ke luar kota tertimbun longsoran kayu, lumpur, dan batu akibat banjir bandang, 4 Oktober 2010.

KOMPAS.com - Hari ini 9 tahun lalu, tepatnya 4 Oktober 2010, mungkin tak akan pernah luput dalam ingatan warga Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat.

Hari itu, 4 Oktober 2010 sekitar pukul 08.30, saat warga hendak memulai aktivitas, terdengar suara gemuruh bersama datangnya luapan air Sungai Batang Salai.

Bagaikan tsunami, banjir bandang menyapu bersih rumah di wilayah itu dan menewaskan 150 orang.

Sementara, 150 lainnya dinyatakan hilang.

Harian Kompas, 6 Oktober 2010, memberitakan, hujan terus mengguyur desa Wasior sejak hari Minggu, 3 Oktober 2010, hingga Senin dini hari.

Kondisi itu menyebabkan sungai yang berhulu di Pegunungan Wondiwoy itu meluap.

Rumah warga yang rata-rata semi permanen dari kayu hanyut dan runtuh akibat terjangan banjir.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Jerman Timur dan Barat Resmi Bersatu

Hal inilah yang menyebabkan jatuhnya banyak korban jiwa.

Asisten I Sekretaris Daerah Kabupaten Teluk Wondama menyebutkan, warga yang sudah ke luar rumah bergegas menyelamatkan diri ke perbukitan.

Sedangkan warga yang masih tinggal di dalam rumah, sebagian besar tak bisa menyelamatkan diri.

Pemberitaan Harian Kompas, 7 Oktober 2010, menuliskan, ribuan rumah rusak dan 8.000 warga mengungsi menuju Manokwari dengan kapal perintis.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X