Ramai Typo Mental Breadtalk di Twitter, Ini 4 Cara Cegah Mental Breakdown

Kompas.com - 03/10/2019, 17:35 WIB
Ilustrasi stres dan gangguan kecemasan tuaindeedIlustrasi stres dan gangguan kecemasan

KOMPAS.com - Topik mental breadtalk sedang ramai diperbincangkan oleh pengguna Twitter. Hingga Kamis (3/10/2019) pukul 16.00 WIB sebanyak 12,3 ribu pengguna Twitter membahas topik tersebut.

Topik mental breadtalk muncul ketika tangkapan layar pesan teks seseorang yang tak diketahui namanya tersebar. Orang tersebut sebenarnya ingin menulis mental breakdown namun ia salah salah ketik menjadi mental breadtalk.

Terlepas dari salah ketik atau typo tersebut, mental breakdown merupakan sebuah masalah yang tak bisa diremehkan. Pasalnya, hal ini berhubungan dengan tingkat kesehatan mental seseorang.

Lalu, bagaimana cara mencegah agar kita tidak mengalami mental breakdown?

Mental breakdown biasanya terjadi karena seseorang tidak dapat mengatasi stres yang dialaminya. Stres adalah suatu respons adaptif yang dihubungkan oleh karakteristik dan proses psikologis individu.

Baca juga: Jakarta Darurat Polusi Udara, Studi Ungkap Hubungannya dengan Gangguan Mental

Stres dapat terjadi pada seseorang saat ia berada di luar zona nyaman sehingga membuat tubuh menimbulkan respons yang berbeda dari biasanya.

Ada banyak hal yang bisa membuat seseorang jadi stres. Namun, secara garis besar penyebabnya dibagi menjadi empat yaitu dari diri sendiri, orang-orang terdekat, pekerjaan, dan lingkungan sekitar.

Nah, agar kita bisa mencegah diri dari mental breakdown, maka kita juga hari menghindari diri kita dari stres.

Stres yang dibiarkan begitu saja bisa menjadi depresi dan menimbulkan berbagai gejala psikosomatik alias gejala fisik yang terjadi akibat adanya gangguan kejiwaan.

Untungnya, stres bisa dihindari dengan cara berikut ini:

1. Pahami diri sendiri dan cari tahu penyebabnya

Langkah awal untuk mengatasi stres adalah mencari tahu apa pemicu atau penyebabnya. Mulailah cari penyebab dari perubahan yang kita rasakan, seperti mengapa kita jadi tidak fokus atau sulit tidur.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X