Kompas.com - 03/10/2019, 05:30 WIB
Tembok Berlin Dok. KompasTembok Berlin

KOMPAS.com - Tanggal 3 Oktober 1990 menjadi hari bersejarah bagi warga Jerman. Pasalnya pada hari itu, warga Jerman merayakan bersatunya kembali dua wilayah yang sebelumnya terpisah.

Penyatuan kembali kedua wilayah ini hanya berselang kurang dari setahun setelah runtuhnya Tembok Berlin. Tembok yang dibangun sejak tahun 1961 tersebut didirikan untuk mengehntikan mereka yang melarikan diri dari Jerman Timur ke wilayah Barat.

Sebelumnya, negara ini terbagi menjadi dua setelah berakhirnya Perang Dunia II, yakni Jerman Barat dan Jerman Timur. Sejak tahun 1945, Uni Soviet menginvasi wilayah Timur Jerman dan Amerika Serikat beserta sekutu menguasai kawasan Barat.

Selama 45 tahun kemudian, penduduk kedua negara terpisah. Bahkan, pemisahan wilayah ini menjadi salah satu penanda fase Perang Dingin di kawasan Eropa.

Namun, runtuhnya Tembok Berlin menjadi angin segar bagi upaya reunifikasi atau penyatuan kembali dua wilayah yang telah terpisah lebih dari empat dekade.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Misi Pengiriman Makanan dan Sebab Berdirinya Tembok Berlin

Saat itu, tepatnya pada akhir dekade 1980, partai komunis di Jerman Timur mulai kehilangan kekuatannya. Keinginan untuk bergabung kembali dengan wilayah Jerman Barat semakin meningkat.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Laman berita Jerman, DW mencatat, kondisi ini diperparah dengan adanya regulasi baru untuk bepergian ke luar negeri.

Selain itu, pemilihan umum yang dinilai penuh kecurangan semakin membuat amarah warga meningkat. Saat itu, partai komunis berhasil memperoleh 99 persen suara dari masyarakat Jerman Timur.

Hasil pemilu yang dinilai penuh manipulasi itu pun semakin membuat warga Jerman Timur menginginkan adanya demokrasi.

Dengan kondisi ini, warga Jerman Timur mulai melakukan protes terhadap pemerintah. Pada musim panas 1989, sebanyak 10.000 warga Jerman Timur pergi ke Austria dan Hungaria untuk menuju ke Jerman Barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X