Hari Ini dalam Sejarah: Tragedi Bom Bali II, 23 Orang Meninggal

Kompas.com - 01/10/2019, 06:10 WIB
Seorang wisatawan turut menyalakan lilin dalam upacara peringatan 15 Tahun Bom Bali sekaligus launching buku Luka Bom Bali: Kisah Nyata dari Kejadian Bom di Bali di areal Ground Zero Kuta, Badung, Kamis (12/10/2017). Tribun Bali/I Nyoman MahayasaSeorang wisatawan turut menyalakan lilin dalam upacara peringatan 15 Tahun Bom Bali sekaligus launching buku Luka Bom Bali: Kisah Nyata dari Kejadian Bom di Bali di areal Ground Zero Kuta, Badung, Kamis (12/10/2017).
Penulis Mela Arnani
|


KOMPAS.com - Tepat pada 1 Oktober 2005 silam, duka menyelimuti Indonesia. Pasalnya bom kembali meledak di Bali, tepatnya di R.AJA's Bar and Restaurant Kuta, Menega Cafe dan Nyoman Cafe Jimbaran pada Sabtu (1/10/2005) malam.

Dihimpun dari pemberitaan Kompas, 2 Oktober 2005, bom di R.AJA's Bar and Restaurant meledak beberapa menit sebelum pukul 20.00 waktu setempat. Tak berselang lama, sebuah ledakan terjadi di Nyoman Cafe di Jalan Ulu Watu, Jimbaran.

Ledakan dikabarkan terdengar hingga ke pantai yang berjarak sekitar 500 meter dari R.AJA's Bar and Restaurant.

Besarnya ledakan turut membuat kaca mobil Toyota Starlet yang berada di depan Toko Polo di seberang R.AJA's Bar and Restaurant hancur.

Diberitakan Kompas.com (14/9/2019), korban meninggal dunia sebanyak 23 orang termasuk pelaku.

Korban dilarikan ke beberapa rumah sakit, seperti RS Sanglah, RS BIMS, Graha Ase, dan Bali Aga.

Suasana saat itu tak karuan. Mobil ambulans datang susul menyusul membawa para korban. Petugas RS Sanglah, Denpasar menertibkan para pengunjung agar lalu lintas mobil ambulans dapat berjalan lancar dan langsung menuju ruang gawat darurat.

Baca juga: Simpan 28 Bom Molotov, Ini Profil Dosen IPB Abdul Basith

Kuta Sepi

Polisi Bersenjata dan berompi anti peluru berjaga di Monumen Bom Bali Jalan Legian Kuta KOMPAS.com/SRI LESTARI Polisi Bersenjata dan berompi anti peluru berjaga di Monumen Bom Bali Jalan Legian Kuta

Turis dan warga yang berencana menghadiri Oktober Festival di pantai di depan Hard Rock Cafe, Kuta langsung membubarkan diri akibat bom ini.

Ledakan bom disebutkan tak sedahsyat Bom Bali sebelumnya, pada 12 Oktober 2002 di Paddy's Cafe, Legian.

Bangunan R.AJA's Bar and Restaurant berlantai tiga masih tetap berdiri meski bangunan hancur berantakan, meskipun kaca-kaca gedung di sebelah dan seberangnya turut pecah.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X