[KLARIFIKASI] Video Mahasiswa Demo dan Tertabrak Mobil di Boyolali

Kompas.com - 30/09/2019, 07:43 WIB
Beredar video seorang mahasiswa demo di depan Gedung DPRD Boyolali yang kemudian tertabrak mobil. Twitter: DesviraBeredar video seorang mahasiswa demo di depan Gedung DPRD Boyolali yang kemudian tertabrak mobil.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
klarifikasi

klarifikasi!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, ada yang perlu diluruskan terkait informasi ini.

KOMPAS.com - Sebuah video yang menampilkan seorang mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor DPRD Kabupaten Boyolali viral di media sosial pada Sabtu (28/9/2019).

Dalam video tersebut terlihat, ketika mahasiswa sedang meneriakkan yel-yel dan membentangkan spanduk, ia ditabrak oleh mobil dan tergeletak seketika di tepi jalan.

Sejumlah warganet mempertanyakan peristiwa yang diduga tabrak lari tersebut.

Benarkah peristiwa ini?

Setelah dikonfirmasi kepada pihak Kepolisian Resor Boyolali, peristiwa dalam video tersebut hanya rekaan alias rekayasa.

Narasi yang beredar

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, video berdurasi sekitar 30 detik ini berisi aksi demonstrasi yang dilakukan seorang diri oleh mahasiswa yang kemudian tertabrak mobil hingga terjungkal.

Pihak pengunggah, yakni Desvira dalam akun twitternya @Desvira_11 menyebutkan, pelaku tabrak lari itu harus dicari dan ditangkap.

"Tolong bantu viralkan. Kejadian ini terjadi di depan Gedung DPRD Boyolali, siapa pelaku yang dengan tega menabrak orang tersebut, harus dicari dan ditangkap itu orang yang menabrak," tulis Desvira dalam twitnya.

Unggahan itu telah mendapat banyak respons, yakni di-retwit sebanyak 2.717 kali dan telah disukai sebanyak 2.761 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Penelusuran Kompas.com

Saat dikonfirmasi, Kepala Sub Bagian Humas Polres Boyolali, AKP Eddy Purnama Lillah, mewakili Kapolres Boyolali, AKBP Kusumo Wahyu Bintoro, mengatakan, peristiwa yang ada dalam video viral itu adalah rekayasa.

Berdasarkan penelusuran pihak kepolisian, video tersebut dibuat oleh seorang content creator bernama Hezkia Faruliyan, yang sengaja dibuat untuk diunggah di Instagram dan YouTube.

"Pihak Polres Boyolali telah melakukan klarifikasi (dalam bentuk video) terhadap Saudara Hezkia Faruliyan, pelaku adegan aksi unjuk rasa di Jalan Ahmad Yani, tepatnya di depan Kanor DPRD Kabupaten Boyolali, Komplek Perkantoran Terpadu Setda Kabupaten Boyolali pada hari Sabtu tanggal 28 September 2019," ujar Edy kepada Kompas.com, Minggu (29/9/2019).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X