Kompas.com - 30/09/2019, 07:01 WIB

KOMPAS.com - Menggunakan produk perawatan kulit saat cuaca panas merupakan salah satu upaya untuk menjaga kesehatan kulit dari paparan sinar matahari.

Pasalnya, saat melakukan aktivitas di luar ruangan, paparan sinar matahari membuat kulit menjadi kering, kusam, dan menyebabkan pigmentasi yang tidak merata pada kulit.

Apalagi seperti saat ini, di saat kemarau panjang dan cuaca sangat terik.

Paparan sinar UVA dn UVB pada sinar matahari pun disebut dapat menyebabkan kanker.

Oleh karena itu, penggunaan produk perawatan kulit yang tepat, seperti tabir surya disarankan ketika cuaca panas agar dapat menangkal efek buruk dari sinar matahari.

Sifat tabir surya

Staf Pengajar Bagian Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)/RSUD Prof dr Margono Soekarjo, Ismiralda Okke Putranti menjelaskan, tabir surya memiliki dua sifat yang berbeda.

Baca juga: Langsung Mandi Saat Cuaca Panas, Apa Reaksi pada Tubuh?

"Tabir surya ada macam-macam. Ada yang bersifat memblokir sinar (sunblock), dan ada yang memiliki efek sebagian sinar matahari masih bisa menembus (sunscreen)," ujar Okke kepada Kompas.com, Minggu (29/9/2019).

Okke mengatakan, pada umumnya, sunblock terdiri dari bahan-bahan fisik yang sifatnya memantulkan sinar matahari.

Sementara, sunscreen terdiri dari bahan-bahan yang masih memungkinkan sinar matahri menembus kulit dengan cara mengurangi dampak buruknya.

Ketika diaplikasikan dalam keseharian, pemakaian sunblock umumnya tidak perlu diulang, sedangkan sunscreen perlu diulang pada waktu tertentu.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.