INFOGRAFIK: 3 Presiden AS yang Pernah Menghadapi Pemakzulan

Kompas.com - 26/09/2019, 20:25 WIB
3 Presiden AS yang Pernah Menghadapi Pemakzulan KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo3 Presiden AS yang Pernah Menghadapi Pemakzulan

KOMPAS.com - Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat telah resmi mengumumkan memulai proses penyelidikan formal untuk pemakzulan Presiden Donald Trump.

Tujuan penyelidikan tersebut adalah guna menemukan bukti terkait tuduhan yang dilayangkan DPR AS terhadap Trump.

Trumph dituduh telah melanggar konstitusi dan sumpah jabatannya dengan menghubungi dan meminta bantuan pemerinah asing. Dia juga disebut menekan pemerintah asing tersebut.

Dalam hal ini, Trump dituduh telah melakukan sambungan telepon pemimpin Ukraina Volodymyr Zelensky dan meminta pemerintah negara itu untuk melakukan penyelidikan terhadap mantan wakil presiden AS, Joe Biden.

 

Sepanjang sejarah pemerintahan Amerika Serikat, setidaknya ada tiga presiden yang pernah menghadapi proses pemakzulan. Mereka adalah Andrew Johnson dari Partai Demokrat, Richard Nixon dan Bill Clinton.

Meski demikian, tidak ada presiden yang benar-benar dapat digulingkan dari jabatannya melalui proses pemakzulan.

Dalam prosesnya, hanya dua presiden yang sempat menjalani proses pemakzulan, sedangkan satunya memilih mengundurkan diri sebelum proses berlangsung.

Baca juga: INFOGRAFIK: Mengenal Gas Air Mata, Efek hingga Tips Mengurangi Dampaknya

Untuk lebih lengkapnya, simak infografik berikut ini!

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: 3 Presiden Amerika yang Pernah Hadapi Pemakzulan

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X