Bandar Narkoba Ditembak Mati, Ini Bahaya Sabu Bagi Tubuh

Kompas.com - 22/09/2019, 21:00 WIB
Ilustrasi narkoba. SHUTTERSTOCKIlustrasi narkoba.


KOMPAS.com - Seorang bandar narkoba jenis sabu tewas tertembak di bagian kepala oleh petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Kaltim, Jumat (20/9/2019).

Diketahui, bandar yang bernama Irwan alias Wawan Bin Daeng Tutu tersebut tewas diduga setelah mencoba merebut senjata api miliki petugas.

Lantas, apakah bahaya dari narkotika jenis sabu tersebut bagi kesehatan?

Dilansir dari Hello Sehat, sabu atau yang sering dikenal sebagai methamphetamin atau crystal meth, merupakan jenis narkoba yang bersifat angan adiktif.

Sabu juga berdasarkan survei BNN, diketahui sebagai narkoba peringkat kedua yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Baca juga: Kisah Irwan, Bandar Narkoba yang Ditembak Mati, Berawal dari Jual Ikan dan Kelapa

Pada tahun 2015, setidaknya hampir 6 juta jiwa melakukan penyalahgunaan sabu-sabu, dan diperkirakan sebanyak 50 orang meninggal setiap hari.

Pengguna sabu bisa menelan pil, menghirup atau merokok bubuk sabu, atau menyuntik larutan sabu.

Dalam jangka pendek pengguna sabu akan mengalami napas memburu atau terengah-engah, insomnia, tidak bisa diam, gelisah, nafsu makan hilang, detak jantung jadi lebih cepat dan memburu, tekanan darah naik, dan suhu tubuh meningkat (hipertermia).

Apabila pengguna sabu telah menggunakan sabu sejak lama, dapat menimbulkan kecanduan dan berakibat serius dan fatal bagi kesehatan.

Adapaun diantaranya adalah risiko infeksi HIV, hepatitis B, dan hepatitis C meningkat, berat badan menurun drastis, gigi dan gusi hancur, gatal kronis hingga menyebabkan luka-luka karena digaruk, sikap agresif, halusinasi, paranoia, ling-lung, dan cemas berlebihan, menurunnya fungsi otak seperti kemampuan berpikir, belajar, mengingat, dan berkonsentrasi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X