Sudah Diluncurkan, Ini yang Perlu Diketahui soal Smart SIM

Kompas.com - 22/09/2019, 18:33 WIB
Tampilan SIM baru yang digadang-gadang dapat berfungsi sebagai alat pembayaran. Tampilan SIM baru yang digadang-gadang dapat berfungsi sebagai alat pembayaran.

KOMPAS.com – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Minggu (22/9/2019) , resmi meluncurkan Smart SIM, atau Surat Izin Mengemudi versi terbaru yang dilengkapi dengan chip di dalamnya.

Peluncuran dilakukan oleh Kepala Korlantas Polri Refdi Andri di Gedung Basket Gelora Bung Karno, Jakarta.

“Smart SIM merupakan bagian dari inovasi pelayanan publik di bidang lalu lintas yang berbasis IT, yang di-launching pada kesempatan hari ini,” kata Refdi, seperti diberitakan Kompas.com, Minggu.

SIM ini disebut memiliki sejumlah kelebihan, mulai dari mencatat pelanggaran pemegangnya hingga bisa digunakan sebagai kartu pembayaran.

Dan berikut ini sejumlah hal yang perlu Anda ketahui soal Smart SIM

1. Cara memperoleh

Smart SIM bisa didapatkan tanpa harus mengantre di satuan penyelenggaraan administrasi (Satpas) sebagaimana proses pembuatan SIM reguler.

Pemohon cukup melakukan registrasi dan mengisi semua identitas dan formulir yang tersedia di laman sim.korlantas.polri.go.id.

Setelah itu, pemohon akan mendapatkan kode bayar registrasi untuk melakukan pembayaran di bank BRI, baik melalui ATM, m-banking, atau internet banking.

Terakhir, setelah pembayaran dilakukan, kode registrasi akan diterima melalui SMS dan e-mail.

2. Menyimpan identitas

Hal yang membedakan Smart SIM dengan SIM sebelumnya adalah adanya teknologi chip di dalam kartu yang bisa menyimpan berbagai data terkait pengguna, salah satunya adalah identitas diri. 

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X