Langit Merah di Jambi Juga Pernah Terjadi di China, Kapan Persisnya?

Kompas.com - 22/09/2019, 09:25 WIB
Kondisi Muaro Jambi berwarna merah pada siang hari. Facebook: Qha CaslleyKondisi Muaro Jambi berwarna merah pada siang hari.

KOMPAS.com – Fenomena langit merah muncul di Pulau Mentaro, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi.

Langit merah tersebut muncul, bukan karena matahari terbit maupun matahari akan tenggelam, lantaran kejadian di Jambi terjadi pada Sabtu (21/9/2019) siang sekitar pukul 10.42 WIB hingga pukul 14.00 WIB.

Plt Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo Soetarno mengungkapkan, warna merah yang muncul terjadi karena pergerakan kabut asap dari titik api atau hotspot yang ada di provinsi bagian selatan Provinsi Riau.

Agus juga menerangkan, dulu di tahun 2015, tepatnya di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan lokasi di mana titik api paling besar dan tidak bisa dipadamkan warnanya juga orange kemerahan.

Diberitakan KOMPAS.com (24/12/2015), warna langit yang tidak lazim juga pernah terjadi di China pada tahun 2015.

Ketika itu, kabut asap di China disebut memasuki “level terbaru” yang ditandai dengan berubahnya warna langit yang ekstrem yakni menjadi merah muda.

Warna merah muda atau pink yang timbul, diyakini terjadi oleh refraksi matahari terbenam oleh partikel-partikel kabut asap.

Adapun saat itu, wilayah China dilanda kabut asap parah sejak bulan November 2015.

Asap pembakaran pabrik dan kendaraan bermotor ditengarai menjadi penyebab tertutupnya langit kota-kota besar di China.

Baca juga: Viral Langit Merah di Muaro Jambi, Ada Apa?

Polusi Udara

Selain itu, banyaknya tungku-tungku batubara yang digunakan sebagai penghangat rumah diyakini juga ikut menambah buruknya polusi udara di China.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X