Wisata di Klaten, dari Air hingga Candi

Kompas.com - 22/09/2019, 09:00 WIB
Pengunjung Umbul Ponggok di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menyewa jasa warga setempat yang berprofesi sebagai fotografer bawah air, Minggu (14/8/2016). KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKOPengunjung Umbul Ponggok di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menyewa jasa warga setempat yang berprofesi sebagai fotografer bawah air, Minggu (14/8/2016).


KOMPAS.com - Kabupaten Klaten dikenal dengan berbagai tempat wisata, baik yang berhubungan dengan sumber mata air atau kerap disebut dengan umbul maupun wisata sejarah.

Klaten sendiri memiliki beberapa umbul yang tersebar di berbagai wilayah.

Umumnya, umbul tersebut tak hanya dimanfaatkan sebagai potensi wisata saja. Tapi, sumber mata air ini sejak lama dimanfaatkan warga sekitar untuk pengairan sawah, kebutuhan sehari-hari.

Selain bermain dengan air, wisata di Klaten juga kebanyakan berbau sejarah perdaban kuno. Lihat saja, sejumlah candi berlokasi di kabupaten ini.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Air di Klaten dan Sekitarnya, Asyik untuk Liburan si Kecil

Bagi Anda yang sedang di Klaten dan ingin menikmati wisata di sana, berikut umbul dan candi yang patut untuk Anda kunjungi:

Umbul Ponggok

Salah satu wisata unggulannya Umbul Ponggok yang berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Salah satu wisata unggulannya Umbul Ponggok yang berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Dilansir Klatenkab.go.id, Umbul Ponggok berupa kolam renang alami berukuran besar yang dikembangkan menjadi wisata snorkling air tawar yang cukup terkenal hingga luar daerah.

Umbul ini terletak di Desa Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Kolam alami ini sudah ada sejak zaman Belanda, dengan ukuran 50 x 25 meter dan kedalaman rata-rata 1,5 – 2,6 meter.

Anda tak perlu takut terbawa gelombang, sebab tempat snorkling kali ini bukanlah laut melainkan sebuah sumber mata air alami yang segar dan sangat jernih.

Daya pikat lainnya adalah dasar kolam berupa bebatuan dan pasir yang masih alami serta terdapat ribuan ikan warna-warni.

Walaupun dipenuhi ikan, air di Umbul Ponggok ini tidak berbaui anyir, sebab airnya terus mengalir. Selain sebagai tempat snorkling, Umbul Ponggok juga kerap dijadikan lokasi latihan diving bagi penyelam pemula sebelum mereka benar-benar menyelam di laut.

Terdapat pula kolam renang yang dikhususkan untuk anak-anak yang belum bisa berenang. Kolam tersebut dibuat untuk dijadikan lokasi berenang atau sebatas bermain air.

Harga tiket masuknya sebesar Rp 15.000 ribu per orang. Harga ini berlaku untuk semua hari, baik hari biasa maupun hari libur.

Baca juga: Panduan Wisata ke Umbul Sigedang, Sumber Mata Air Menyegarkan di Klaten

Umbul Manten

Umbul Manten yang ramai oleh ribuan pengunjung menjelang Bulan Ramadhan.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Umbul Manten yang ramai oleh ribuan pengunjung menjelang Bulan Ramadhan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X