Viral Langit Merah di Muaro Jambi, Ada Apa?

Kompas.com - 21/09/2019, 20:22 WIB
Kondisi Jambi berwarna merah pada Sabtu (21/9/2019) pukul 12.53 WIB. Facebook: Qha CaslleyKondisi Jambi berwarna merah pada Sabtu (21/9/2019) pukul 12.53 WIB.

KOMPAS.com - Media sosial tengah diramaikan dengan fenomena warna langit menjadi merah yang terjadi di Desa Pulau Mentaro, Kecamatan Ilir, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

Disebutkan, perubahan warna langit terjadi sekitar pukul 10.42 WIB hingga 14.00 WIB pada Sabtu (21/9/2019).

"Saya dapat kiriman video dari sepupu saya, Ummu Ria, jam 10.42 WIB udah mulai merah langitnya, kak. Azan dzuhur udah mulai gelap," ujar salah satu warga Kabupaten Muoro Jambi, Mardiana saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (21/9/2019) malam.

Ia mengungkapkan bahwa saat itu setiap kendaraan sudah pakai lampu kendaraan, dan rumah-rumah sudah menyalakan lampu.

Sementara itu, Ummu Ria mengungkapkan bahwa langit di daerahnya mengalami perubahan warna secara bertahap.

"Kemarin masih kuning langitnya, mulai tadi pagi kuning agak pekat. Terus agak ke siang sampai dzuhur agak kemerahan," ujar Ummu saat dikonfirmasi terpisah, Sabtu (21/9/2019).

Selain itu, Ummu menyampaikan bahwa untuk daerah yang dekat dengan titik api, justru langitnya menjadi gelap.

"Untuk daerah yang dekat titik kebakaran itu sudah gelap, bukan merah lagi, udah nampak malam, padahal masih jam 11 siang," kata dia.

Menurutnya, dari perubahan warna langit ini tidak berimbas pada gangguan penglihatannya.

Ia merasa di daerah yang terkena langit merah ini membuat warga takut dan tidak berani keluar rumah.

Baca juga: Kisah Chanee Kalaweit, Bule Perancis yang Jadi Korban Kabut Asap

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X