Selain Bikin Gemuk, Ini Mitos Keliru Seputar Rokok

Kompas.com - 21/09/2019, 17:00 WIB
Rokok buruk untuk kesehatan unsplash.comRokok buruk untuk kesehatan

KOMPAS.com - Banyak hal yang membuat seseorang terjebak dengan gaya hidup merokok.

Berhenti merokok juga bukanlah hal yang mudah. Apalagi, banyak mitos-mitos keliru seputar rokok yang justru membuat kita semakin susah untuk terlepas dari gaya hidup mematikan ini.

Agar kita tidak salah memahami, berikut tujuh mitos keliru seputar rokok:

1. Tidak masalah merokok asal rajin olahraga dan makan sehat

Banyak perokok berpikir kebiasaan sehat seperti mengonsumsi nutrisi yang baik dan rajin berolahraga, bisa mengimbangi dan menjaga kesehatan meski mereka merokok.

Hasil penelitian menunjukkan mengonsumsi nutrisi sehat serta berolahraga secara teratur tidak mengurangi risiko kesehatan yang diakibatkan merokok.

Ilmuwan penasihat senior di kantor Center of Diseases Control (CDC) Bidang Smoking and Helath, Ann M. Malarcher mengatakan rokok mempengaruhi setiap sistem organ dalam tubuh.  Tidak realistis apabila ada yang menganggap bahwa gaya hidup sehat bisa mencegah efek buruk rokok.

Michael C. Fiore, MD, Professor obat dan direktur Center for Tobacco Research and Intervention di University of Wisconsin, Madison, menambahkan efek samping mematikan dari tembakau tidak bisa hilang meski kita rutin mengonsumsi vitamin.

2. Rokok “mild” risikonya lebih kecil

Apapun jenisnya, merokok tetap saja berbahaya karena kandungan di dalamnya memang berefek negatif pada kesehatan kita.

Halaman:

Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X