[KLARIFIKASI] Video Rendang yang Diduga Berisi Narkoba

Kompas.com - 21/09/2019, 15:10 WIB
Video rendang berisi narkotika ramai dibicarakan di media sosial sejak Kamis (19/9/2019) Twitter: Hanes234, JUSTICE (Revolutionary)Video rendang berisi narkotika ramai dibicarakan di media sosial sejak Kamis (19/9/2019)

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
klarifikasi

klarifikasi!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, ada yang perlu diluruskan terkait informasi ini.

KOMPAS.com - Informasi mengenai adanya masakan daging rendang yang memuat gelondongan plastik beredar di media sosial sejak Kamis (19/9/2019).

Berdasarkan narasi yang beredar, gelondongan tersebut adalah obat-obatan terlarang yang diselundupkan di dalam daging agar aman dari petugas pemeriksaan.

Melihat viralnya video itu di media sosial, Badan Narkotika Nasional (BNN) mengonfirmasi bahwa video itu terjadi bukan di Indonesia.

Narasi yang beredar:

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, salah satu akun Twitter Hanes234, @UkurJalan19 mengunggah video yang menampilkan seorang perempuan tengah memotong daging yang berisi gelondongan plastik bewarna putih dan hijau yang diduga berisi narkoba.

Video tersebut juga dibubuhkan keterangan sebagai berikut:

"Perlu diwaspadai, jangan pernah mau dititipin apapun sama orang yang enggak dikenal. Meskipun di bandara, stasiun, mall atau tempat-tempat ramai..(walaupun cuma rendang) ternyata bisa bermasalah."

Hingga kini unggahan tersebut telah di-retwit sebanyak 26.600 kali dan telah disukai sebanyak 20.600 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Penelusuran Kompas.com:

Maraknya video ini di media sosial membuat warganet bertanya-tanya, benarkah gelondongan plastik itu berisi narkoba dan apakah kejadiannya di Indonesia atau bukan.

Menanggapi hal itu, Kepala Biro (Karo) Humas dan Protokol Badan Narkotika Nasional (BNN) Brigjen (Pol) Sulistyo Pudjo mengungkapkan bahwa dirinya mengetahui video itu bukan berasal dari Indonesia, karena tersiar di stasiun radio Jacarandafm yang disiarkan pada Selasa (17/9/2019).

"Sudah ketahuan, (kejadiannya) di Nigeria. Saya juga tahunya dari berita Nigeria www.jacarandafm.com dengan judul 'Drugs Inside Cooked Meat'," ujar Pudjo saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (20/9/2019).

Selain itu, Pudjo menjelaskan bahwa awal video itu menjadi viral di media sosial, karena diunggah oleh pengguna Twitter bernama Yusuf Abramjee, @Abramjee pada Senin (16/9/2019).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X