Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Rendang Berisi Narkoba Ternyata di Nigeria, Ini Penjelasannya...

Kompas.com - 21/09/2019, 07:30 WIB
Retia Kartika Dewi,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tampilan rendang yang dibelah berisi gelondongan plastik yang diduga merupakan obat-obatan terlarang tersebar di media sosial Twitter sejak Kamis (19/9/2019).

Video berdurasi 45 detik ini telah di-retwit sebanyak lebih dari 23.100 kali dan telah disukai sebanyak 17.600 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Beberapa warganet mengira, video tersebut terjadi di Indonesia.

Namun, benarkah penyelundupan narkoba berisi rendang tersebut terjadi di Indonesia?

Kepala Biro (Karo) Humas dan Protokol Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulistyo Pudjo mengungkapkan bahwa video itu terjadi di Nigeria, Afrika Barat.

Namun, pihaknya belum tahu di mana dan kapan terjadinya tindakan pemotongan daging berisi gelondongan narkoba berbungkus plastik itu.

"Untuk tempat dan waktu kejadian, saya juga tahunya dari berita Nigeria. Silakan cek ke Jacarandafm," ujar Pudjo saat dikonfimasi Kompas.com, Jumat (20/9/2019) malam.

Jacarandafm adalah stasiun radio Afrika Selatan yang siarannya menjangkau Gauteng, Limpopo, Mpumalanga, dan Provinsi North West.

Adapun dalam pemberitaan Jacarandafm, artikel disebutkan dalam judul "Drugs Inside Cooked Meat".

"Sudah ketahuan, (kejadiannya) di Nigeria. Saya juga tahunya dari berita Nigeria www.jacarandafm.com dengan judul 'Drugs Inside Cooked Meat'," ujar Pudjo.

Sebelumnya, video pemotongan daging yang berisi gelondongan obat terlarang diunggah oleh pengguna Twitter bernama Yusuf Abramjee, @Abramjee pada Senin (16/9/2019).

Yusuf Abramjee adalah seorang konsultan yang juga menjabat sebagai Direktur Komunikasi Global Crime Stoppers International (CSI).

Melalui akun Twitter-nya, Abramjee menuliskan: "How criminals smuggle drugs! (Bagaimana penjahat menyelundupkan narkoba)."

Atas unggahan tersebut, twit Abramjee mendapat respons sebanyak 2.100 kali dan telah disukai sebanyak lebih dari 1.900 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Pudjo mengatakan bahwa setelah viral di akun Twitter Yusuf Abramjee dan diberitakan di stasiun radio Afrika Selatan, Jacarandafm, kemudian video itu viral di Indonesia.

Baca juga: Terjawab Sudah, Ini Fakta Viral Daging Rendang yang Berisi Narkoba

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com