Ranking FIFA Timnas Indonesia Melorot, Bagaimana Cara Menghitungnya?

Kompas.com - 21/09/2019, 07:10 WIB
Pesepak bola timnas Indonesia, menyanyikan lagu kebangsaan saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (10/9/2019). Tim nasional Indonesia menelan kekalahan dari Thailand dengan skor 0-3. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPesepak bola timnas Indonesia, menyanyikan lagu kebangsaan saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (10/9/2019). Tim nasional Indonesia menelan kekalahan dari Thailand dengan skor 0-3.


KOMPAS.com - FIFA baru saja merilis peringkat tim nasional di seluruh dunia. Hasilnya rangking Indonesia merosot tajam.

Merosotnya posisi Indonesia dirangking FIFA disinyalir akibat menelan dua kekalahan dari Malaysia dan Thailand di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sebelumnya, pada edisi Juli 2019, posisi Indonesia menempati peringkat ke-160 dunia. Namun, pada edisi September 2019, peringkat Indonesia melorot ke urutan 167 dunia.

Melorotnya peringkat Indonesia diduga karena menderita dua kekalahan beruntun atas Malaysia dan Thailand pada Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Merosotnya ranking Indonesia lantas menjadi pertanyaan banyak pihak, bagaimana skema perhitungan poin yang dilakukan oleh FIFA?

Melansir goal.com, FIFA sejak tahun 2006 silam menggunakan metode berbasis peringkat rata-rata dengan total poin tim nasional dihitung dengan menghimpun poin rata-rata yang diperoleh per pertandingan.

Rata-rata poin sebuah tim dalam kurun empat tahun akan dikumpulkan dengan hasil selama 12 bulan terakhir membawa dampak besar.

Namun, saat ini metode yang digunakan FIFA diganti dengan metode penilaian ELO.

Baca juga: Imam Nahrawi Jadi Tersangka, Mantan Kapten Timnas: Sangat Disayangkan

Mudah Berubah

Metode ELO berbeda dengan metode poin rata-rata, metode ini bekerja dengan menambah atau mengurangi poin sebuah tim yang sudah ada secara keseluruhan sebelum memulai suatu laga.

Oleh sebab itu, ranking FIFA saat ini akan lebih mudah berubah dengan adanya pertandingan yang akan dihadapi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X