Ketika Anak Pejabat Maju di Pilkada...

Kompas.com - 21/09/2019, 06:30 WIB
Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka bersama Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo di rumah dinas Loji Gandrung Jalan Slamet Riyadi Solo, Jawa Tengah, Rabu (18/9/2019). KOMPAS.com/LABIB ZAMANIPutra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka bersama Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo di rumah dinas Loji Gandrung Jalan Slamet Riyadi Solo, Jawa Tengah, Rabu (18/9/2019).

KOMPAS.com - Anak dan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution memberikan sinyal kuat kepada publik untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada) 2020.

Gibran diketahui sempat menemui Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo untuk menanyakan soal mekanisme pencalonan menjadi Wali Kota Solo di rumah dinas Loji Gandrung Jalan Slamet Riyadi Solo, Jawa Tengah, Rabu (18/9/2019).

"Nanya-nanya iya wajarlah. Nanya-nanya tentang bagaimana mekanisme pencalonan dan sebagainya. Iya saya berikan paparan saja," kata Rudy.

Apabila benar Gibran akan mencalonkan diri menjadi Wali Kota Solo, maka ia bukanlah putra pejabat pertama yang melakukan hal yang sama.

Setidaknya terdapat 4 putra pejabat yang juga maju atau mencalonkan diri menjadi kepala daerah. 

1. Muhammad Makmun Ibnu Fuad

Makmun merupakan Bupati Bangkalan periode 2013-2018. Dalam Pilkada 2012 silam, putra Fuad Amin ini berpasangan dengan Mondir A Rofii dan mengalahkan pasangan Nizar Zahro dan Zulkifli.

Lelaki yang akrab disapa Ra Momon ini dinobatkan oleh Museum Rekor Indonesia sebagai Bupati Termuda dengan usia 26 tahun 4 bulan. 

"Makmun memecahkan rekor bupati termuda atas nama Mardani H Maming yang menjadi Bupati Tanahbumbu, Kalimantan Selatan, yang dulu berusia 28 tahun 3 hari," kata Senior Manajer Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) Paulus Pangka.

Berdasarkan hasil rekapitulasi, Makmun dan Mondir meraup 505 ribu suara. Sedangkan lawannya, Nizar Zahro-Zulkifli hanya memperoleh 34 ribu suara.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X