Digelar di Jakarta 2020, Apa Itu Formula E?

Kompas.com - 20/09/2019, 14:08 WIB
London akan menjadi salaj satu kota tuan rumah seri balap Formula E musim 2019-2020. Source: www.fiaformulae.comLondon akan menjadi salaj satu kota tuan rumah seri balap Formula E musim 2019-2020.


KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memastikan bahwa Jakarta akan menjadi tuan rumah ajang balapan Formula E tahun 2020 nanti.

Menurut Anies, semua persiapan terkait penyelenggaraan sudah selesai dibahas pada bulan lalu.

Rencananya, pengumuman resmi akan diselenggarakan bersama-sama dengan tim Formula E pada Jumat (20/9/2019) sore pukul 16.00 WIB bertempat di Lapangan Sisi Timur, Monas, Jakarta Pusat.

Lalu, apa itu balapan Formula E?

Melansir fiaformulae.com, website resmi Formula E, balapan Formula E adalah seri balap mobil listrik internasional pertama di dunia.

Balapan terdiri atas 24 pembalap dari 12 tim dan diselenggarakan di jalanan di 12 kota yang terbagi di lima benua di dunia.

Balapan Formula E bukan hanya sekedar balapan, ajang ini juga sebagai pengujian dan pengembangan teknologi terkait dengan jalan, membantu menyempurnakan desain kendaraan listrik sembari mempromosikan bebas polusi udara pada skala global.

Awalnya, balapan Formula E ini diprakarsai oleh Presiden FIA Jean Todt dan pengusaha asal Spanyol Alejandro Agag.

Mereka berdua bersama-sama mengembangkan balapan tersebut sebagai sarana untuk menciptakan dunia yang lebih bersih dan lebih baik.

Formula E memulai debutnya pada tahun 2014 silam di Beijing, China, dan hingga saat ini sudah berlangsung selama lima musim.

Baca juga: Gelar Formula E, Jakarta Jadi Arena Persaingan 4 Pabrikan Besar Jerman

Regulasi

Pebalap Tim Virgin Racing yang dibayangi Robin Frijns berkompetisi di New York E-Prix Formula E Musim 5 pada 13 Juli 2019 di New York, AS. Raksasa cybersecurity Kaspersky menjadi sponsor resmi tim Envision Virgin Racing untuk tahun kedua berturut-turut.AFP/Getty Images for Kaspersky/Mike Stobe Pebalap Tim Virgin Racing yang dibayangi Robin Frijns berkompetisi di New York E-Prix Formula E Musim 5 pada 13 Juli 2019 di New York, AS. Raksasa cybersecurity Kaspersky menjadi sponsor resmi tim Envision Virgin Racing untuk tahun kedua berturut-turut.
Dikutip dari pemberitaan Kompas.com (20/9/2019) yang melansir situs resmi Formula E, setiap sirkuit yang digunakan untuk seri balapan harus mempunyai panjang sirkuit 1,9 hingga 3,4 kilometer.

Mobil yang digunakan untuk balapan mempunyai kekuatan maksimal 250 kilowatt (Kw) yang artinya dapat menyentuh kecepatan maksimal 280 kilometer per jam.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X