Tangani Kasus Kebocoran Data, Lion Air Harus Transparan

Kompas.com - 20/09/2019, 12:29 WIB
Ilustrasi data SHUTTERSTOCKIlustrasi data

KOMPAS.com - Kasus kebocoran data penumpang Malindo Air, yang berada di bawah naungan Lion Air Group, menjadi perhatian publik.

Salah satu yang disoroti terkait perlindungan terhadap data pribadi penumpang.

Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet) dan DigitalReach memberikan tanggapan mengenai kebocoran data penumpang pesawat ini, melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (20/9/2019).

Direktur Eksekutif SAFEnet Damar Juniarto mengatakan, pemerintah di tiga negara, yaitu Indonesia, Thailand, dan Malaysia harus segera menyelidiki dan mengambil tindakan untuk menyelesaikan kasus kebocoran data tersebut.

Ketiga negara ini menjadi ruang lingkup operasi anak perusahaan Lion Air, yaitu Thai Lion Air, Malindo Air, dan Batik Air.

Baca juga: Menyoal Perlindungan Data Pribadi dari Bocornya Data Pengguna Facebook hingga Penumpang Malindo Air...

Damar menjelaskan, PT Lion Air dan anak perusahaannya, seperti Thai Lion Air, Malindo Air, dan Batik Air harus bertanggung jawab atas jutaan data konsumen yang bocor ke publik.

"Lion Air harus transparan dalam menangani insiden kebocoran data ini," kata Damar kepada Kompas.com, Jumat (20/9/2019).

Menurut Damar, setidaknya 35 juta informasi data pribadi konsumen Thai Lion Air, Malindo Air, dan Batik Air dilaporkan bocor.

"Informasi tersebut mencakup nama lengkap, tanggal lahir, nomor telepon, alamat email, dan nomor paspor serta tanggal kedaluwarsanya dan lainnya," ujar Damar.

Damar mengatakan, informasi ini dilaporkan telah diunggah di forum daring yang khusus membagikan data sejak 10 Agustus 2019.

Penyebabnya masih belum diketahui hingga kini.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X