TripAdvisor Desak Google dan Facebook untuk Perangi Postingan Palsu

Kompas.com - 20/09/2019, 08:30 WIB
Ilustrasi TripAdvisor. ShutterstockIlustrasi TripAdvisor.

KOMPAS.com - Perusahaan situs web wisata dan restoran Amerika yang mengulas soal hotel, restoran, dan pemesanan akomodasi, TripAdvisor menemukan bahwa sebanyak 2,1 persen dari 66 juta ulasan yang dikirimkan ke situsnya sejak 2018 merupakan ulasan palsu.

Dilansir dari South China Morning Post (SCMP), banyaknya ulasan palsu ini membuat pihak TripAdvisor mendesak Google dan Facebook untuk menangani masalah ini secara langsung.

Direktur Senior dari Trip Advisor, Becky Foley mengatakan, selama platform ulasan lain tidak mengambil tindakan agresif, penipu akan terus mengeksploitasi bisnis untuk mendapatkan uang.

Dalam pekan ini, situs ulasan perjalanan yang berkontribusi menerbitkan laporan transparansi tinjauan pertama, hasilnya berisi rincian tentang jumlah ulasan palsu dan menyesatkan yang diunggah di platform online yang populer.

TripAdvisor dipandang sebagai tujuan bagi banyak orang yang mencari rekomendasi hotel, restoran, bar. Sebab situs ini masuk dalam daftar 10 besar yang disarankan ketika Anda ingin melakukan perjalanan.

Banyak tempat yang terdapat label "sesuai anjuran di TripAdvisor" di situs web hotel dan restoran terkenal.

Baca juga: Banjir Ulasan Positif, Film Joker Dapat Skor Tinggi di Rotten Tomatoes

Imbalan ulasan

Dalam laporan, disebutkan ada tempat-tempat yang menawarkan imbalan berupa kopi gratis atau koktail di bar bagi mereka yang bersedia menuliskan ulasan meragukan/palsu.

Hal inilah yang membawa pengulas palsu semakin tersebar di banyak perusahaan yang menjual ulasan palsu.

Kehadiran pengulas palsu ini membahayakan kredibilitas TripAdvisor di dunia yang beroperasi secara eksklusif dalam memberikan rekomendasi yang terpercaya.

Kemudian, sebuah laporan baru muncul di tengah situasi kekhawatiran tentang poster yang tidak bermoral yang memberi TripAdvisor pukulan telak, ketika pihaknya menuduh perusahaan gagal menghentikan unggahan yang curang.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X