INFOGRAFIK: Mengenal Petinggi dan Purnawirawan Polri yang Pimpin Lembaga Negara

Kompas.com - 19/09/2019, 20:23 WIB
Perwira dan Purnawirawan Polisi yang Pimpin Lembaga Negara KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoPerwira dan Purnawirawan Polisi yang Pimpin Lembaga Negara

KOMPAS.com - Sejumlah petinggi Polri menduduki jabatan strategis di sejumlah lembaga dan kementerian.

Kapolri Tito Karnavian mengakui ada banyak jenderal-jenderal "nganggur" di institusi Polri karena posisi yang tersedia memang tak banyak.

Banyaknya pejabat polisi di lingkaran jabatan-jabatan publik mengingkatkan kita pada konsep Dwifungsi ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia) di Era Orde Baru.

Dwifungsi ABRI adalah gagasan pemerintah Orde Baru yang menyebutkan bahwa tentara memiliki dua tugas yakni menjaga keamanan Negara dan memegang kekuasaan untuk mengatur jalannya pemerintahan.

Selain Komjen Suhardi Alius yang menjadi Kepala BNPT, ada nama Irjen Heru Winarko di Kepala BNN serta Komjen Setyo Wasisto di Irjen Kementerian Perindustrian.

Baca juga: “Dwifungsi Polri” (1): Eranya Polisi Mengurus KPK, Beras, hingga Diplomasi

Lebih lengkapnya, simak infografik berikut ini!

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Perwira dan Purnawirawan Polisi yang Pimpin Lembaga Negara

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X