Menpora Imam Nahrawi dalam Pusaran Dugaan Korupsi Dana Hibah KONI...

Kompas.com - 19/09/2019, 11:17 WIB
Menpora Imam Nahrawi KOMPAS/PRIYOMBODOMenpora Imam Nahrawi

KOMPAS.com - Perjalanan kasus pencairan dana hibah ke Komite Olahraga Nasional Indonesia yang melibatkan petinggi dan staf Kementerian Pemuda dan Olahraga ( Kemenpora) hampir berjalan selama satu tahun.

Tepatnya, pada 18 Desember 2018, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar operasi tangkap tangan (OTT).

Dalam OTT itu, 9 orang diamankan.

Sejumlah pihak telah ditetapkan sebagai tersangka. Pada Rabu (18/9/2019), KPK menjerat Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi sebagai tersangka dalam kasus ini.

Baca juga: Kasus Dugaan Suap Dana Hibah KONI, Berawal dari OTT hingga Menjerat Menpora Imam Nahrawi

Masuknya nama Imam Nahrawi dalam pusaran dugaan korupsi dana hibah KONI berawal dari kesaksian di persidangan pada April 2019.

Kronologi

Nama Imam Nahrawi masuk dalam lingkaran kasus suap ini berawal dari kesaksian mantan Bendahara Pengeluaran Pembantu Kemenpora, Supriyono, saat bersaksi Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada 4 April 2019.

Supriyono mengaku, staf pribadi Menpora Miftahul Ulum memintanya mencari uang dari pihak luar dan uang tersebut digunakan memenuhi keperluan menteri.

"Kalau buka (puasa) bersama, yang sifatnya sama menteri, pernah minta uang. Ada untuk makan, buka puasa, itu beberapa kali," kata Supriyono, seperti diberitakan Kompas.com, 4 April 2019.

Jumlah uang yang diminta ini mencapai puluhan juta rupiah.

Ada penyebutan Mr X dalam kesaksian di persidangan.

Sekretaris Jenderal KONI Ending Fuad Hamidy menyebut nama Mr X merujuk pada Menpora Imam Nahrawi, staf pribadi Imam Miftahul Ulum, dan staf protokol menteri bernama Arief Susanto.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X