Selain Kopi, Berikut Minuman yang Bisa Menganggu Kesehatan Anak

Kompas.com - 19/09/2019, 05:45 WIB
ilustrasi minuman bersoda shutterstockilustrasi minuman bersoda

KOMPAS.com - Faktor ekonomi membuat pasangan asal Polewali Mandar, Sumatera Barat, tak sanggup memberikan buah hati mereka susu. Mereka pun nekat memberikan kopi untuk putri mereka yang masih berusia 14 bulan.

Alhasil, bayi perempuan bernama Hadijah Haurah itu terbiasa minum 1,5 liter kopi setiap hari.

Baca: Kisah Bayi 14 Bulan Minum 5 Gelas Kopi Sehari, Tak Mau Makan dan Bermain Sebelum Ngopi

Hadijah telah terbiasa minum kopi sejak ia berusia 6 bulan. Padahal, minum kopi bisa berefek negatif untuk pertumbuhan dan kesehatan si kecil.

Kopi bisa mengakibatkan insomnia, hiperaktivitas, menganggu penyerapan kalsium dan mengurangi selera makan sang buah hati.

Selain kopi, ada beberapa minuman yang bisa mengganggu kesehatan dan pertumbuhan si kecil.

Melansir Hello Sehat, berikut minuman yang dilarang untuk anak:

  • Susu berperisa : susu berperisa atau susu dengan rasa biasanya mengandung gula tambahan yang lebih tinggi. Jadi, sebaiknya orangtua memberikan sang buah hari susu sapi segar biasa.
  • Air berperisa : air berperisa juga mengandung gula tinggi dan mineral tertentu yang bisa membuat ginjal anak bekerja lebih berat.
  • Teh : sama dengan kopi, teh juga mengandung kafein yang dapat mempengaruhi tidur, perilaku dan perkembangan anak.
  • Soda, sari buah, minuman berenergi: jenis-jenis minuman ini tinggi gula dan sama sekali tak mengandung nutrisi. Minuman tersebut juga bisa mengurangi nafsu makan anak dan menyebabkan obesitas serta kerusakan pada gigi.

Tak hanya memperhatikan apa yang anak konsumsi, orangtua juga wajib mewaspadai minuman untuk sang buah hati.

Memberi si kecil makanan sehat tanpa memperhatikan minuman yang dikonsumsinya juga membuat gizi mereka kurang terpenuhi.

Meski makanan sang anak sudah dibatasi tapi anak masih saja minum es teh manis, minuman dalam kemasan yang tinggi gula, atau jajan es sembarangan, dampaknya bagi tubuh si kecil tetap tidak baik.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X