Mengenang Musikalitas Chrisye, Sang Legenda Musik Indonesia

Kompas.com - 16/09/2019, 15:00 WIB
Penyanyi Chrisye TRIBUNNEWS.COMPenyanyi Chrisye

KOMPAS.com - Google doodle hari ini memampang foto penyanyi legendaris Indonesia, Chrismansyah Rahadi alias Chrisye. Ya, tepat di 16 September, penyanyi bersuara khas ini berulang tahun.

Meskipun telah tiada, lagu-lagu Chrisye masih terus mengudara dan mendapatkan hati dari berbagai generasi.

Musikalitas Chrisye memang tak diragukan lagi. Sederet prestasi berhasil direngkuhnya.

Bukan hanya tenar di bumi pertiwi saja, sepak terjang pria kelahiran Jakarta 16 September 1949 ini di dunia permusikan mendapatkan pengakuan internasional.

Dikabarkan harian Kompas (14/9/1998), Chrisye berhasil membawa pulang penghargaan MTV Asia di Los Angeles, Amerika Serikat pada 10 September 1998.

Baca juga: Ada Chrisye di Google Doodle Hari Ini

Penghargaan diraih atas video klip Kala Cinta Menggoda. Chrisye menjadi pilihan pemirsa terbaik lingkup Asia Tenggara dan Korea Selatan.

"Ini bukan keberhasilan saya pribadi, tetapi suatu penghargaan bagi musik dan musisi Indonesia," kata Chrisye pada 13 September 1998.

Saat itu, Chrisye bersaing dengan empat klip lain yang juga masuk dalam nominasi, yakni We Are The Future (Korea), Kapolo (Thailand), Belaian Jiwa (Malaysia), dan Shout (Filipina).

Album

Kecintaan Chrisye di dunia musik berhasil menelurkan puluhan album dan sejumlah single. Bahkan, album Sabda Alam dan Aku Cinta Dia terjual di atas 400.000 kaset.

Album ke-20 Chrisye bertajuk AkustiChrisye memberikan warna baru. Album ini digarap dengan rekaman di studio di Sydney, Australia.

Crhisye berkolaborasi dengan penata musik kawakan Erwin Gutawa hanya membutuhkan waktu tiga jam untuk mengisi orkestrasinya.

"Secara teknis perlengkapan Studio 301 di Negeri Kanguru itu memang sangat memudahkan pekerjaan kami. Untuk lima lagi, kami hanya memerlukan waktu tiga jam untuk mengisi orkestrasinya," ujar Erwin Gutawa seperti dikutip dari pemberitaan Harian Kompas (7/9/1996).

Chrisye pun pernah berkolaborasi dengan sejumlah penyanyi Tanah Air, seperti Sophia Latjuba, Ryan D'Massive, dan Ariel NOAH.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X