Kompas.com - 15/09/2019, 19:30 WIB
Sutradara Stephen Hillenburg menghadiri pemutaran perdana film The Spongebob Squarepants Movie di Graumans Chinese Theatre 14 November 2004 di Los Angeles, California Getty Images/AFP/Mark MainzSutradara Stephen Hillenburg menghadiri pemutaran perdana film The Spongebob Squarepants Movie di Graumans Chinese Theatre 14 November 2004 di Los Angeles, California

KOMPAS.com - Siapa tak kenal SpongeBob Squarepants? Karakter animasi yang sering ditampilkan di televisi ini digandrungi banyak peminat, tak hanya anak-anak namun juga orang dewasa.

Meski penayangannya mendapatkan teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), tetapi eksistensi SpongeBob Squarepants tidak mudah dilupakan.

Karakter spons berbentuk kotak ini lahir dari tangan seorang animator yang juga seorang pengajar ilmu biologi kelautan, Stephen Hillenburg.

Pria dengan nama asli Stephen McDannell Hillenburg itu lahir Fort Sill, Lawton, Oklahoma pada 21 Agustus 1961. Setahun setelah Stephen lahir, keluarga Hillenburg pindah ke Anaheim, California, tempat ayahnya memulai karier baru di industri dirgantara.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Animasi SpongeBob SquarePants yang Perlu Kamu Tahu!

Dilansir dari laman Independent, Minggu (15/9/2019) Stephen Hillenburg memulai debutnya sebagai animator pada Mei 1999. Pada awalnya, Hillenburg tidak berharap karyanya dapat menuai popularitas seperti saat ini.

Namun siapa sangka, SpongeBob yang pada awalnya hanya merupakan proyek sampingan menjadi salah satu serial animasi terlaris.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelum dikenal sebagai seorang animator, Hillenburg adalah seorang pengajar biologi kelautan di Orange County Marine Institute pada tahun 1989

Saat mengajar, Hillenburg menciptakan komik edukasi berjudul Intertidal Zone untuk memudahkan pada muridnya mengetahui pembahasan mengenai subyek pelajarannya.

Karyanya yang diilustrasikian tersebut menampilkan karakter sejumlah makhluk laut antropomorfik, bernama Bob the Sponge yang dapat berbicara.

Spongebob SquarepantsShutterstock Spongebob Squarepants
Meski tidak bisa menerbitkan komiknya di luar institut, namun pengalaman menulis dan menggambar karakternya tetap ada.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.