Hari Ini dalam Sejarah: Domain Google.com Resmi Terdaftar

Kompas.com - 15/09/2019, 06:18 WIB
Ilustrasi Google Doodle versi Pemilu 2019 Google.comIlustrasi Google Doodle versi Pemilu 2019

KOMPAS.com - Situs pencari raksasa, Google tak hanya menarik minat banyak orang untuk menggali produk-produknya. Kisah pendiriannya pun banyak dicari tahu orang.

Dilansir dari Business Insider, Sabtu (14/9/2019), sebelum terdaftar, Google beroperasi dengan memanfaatkan domain milik kampus para pendiri perusahaan, yakni Larry Page dan Sergey Brin di Universitas Stanford.

Pada waktu itu, domain Google adalah google.stanford.edu.

Kemudian, berdasarkan informasi yang dihimpun dari perusahaan yang meregulasi nama domain, Google.com terdaftar pada tanggal 15 September 1997.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: 2 Orang Mahasiswa Standford Mendirikan Google

Meski domain Google telah ada, namun perusahaan tidak meluncurkan halaman websitenya hingga setahun kemudian. Lalu pada tanggal 27 September 1998, Google.com beroperasi.

Tanggal ini pun lalu dikenal sebagai hari lahir mesin pencari raksasa tersebut.

Dikutip dari laman Gizmodo, domain Google.com akhirnya terdaftar pada tanggal 15 September 1997. Namun sebelum itu, para pendiri Page dan brin memiliki nama lain untuk mesin pencari mereka, yakni BackRub.

Teknologi pencari ini pada awalnya mampu meningkatkan kemampuan perangkat para pengguna Web dengan melacak setiap tautan dari situs pendukung yang terhubung dengannya.

Situs ini beroperasi di server Stanford selama lebih dari satu tahun. Namun pada akhirnya, BackRub menghabiskan terlalu banyak bandwith.

Sejak pertama kali diluncurkan, Google telah mengalami banyak perubahan. Pada awalnya, perusahaan situs pencari ini memulai operasi di sebuah garasi di Menlo Park, California.

Garasi ini awalnya merupakan milik salah seorang karyawan bernama Susan Wojcicki. Kini Wojcicki menduduki posisi sebagai situs berbagi video, CEO YouTube.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X