[HOAKS] BJ Habibie Donor Kornea Mata untuk Putranya, Thareq Kemal

Kompas.com - 14/09/2019, 12:56 WIB
Tangkapan layar yang menyebutkan bahwa Thareq mendapatkan donor mata dari Habibie FacebookTangkapan layar yang menyebutkan bahwa Thareq mendapatkan donor mata dari Habibie

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Penampilan putra Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie, Thareq Kemal Habibie, yang selalu menutup mata kanannya seperti "bajak laut" menarik perhatian publik.

Setelah Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9/2019), di media sosial tersebar informasi bahwa Almarhum BJ Habibie mendonorkan kornea matanya untuk Thareq.

Namun, informasi ini dibantah oleh putra sulung Habibie, Ilham Akbar Habibie. Ia menyebut informasi ini hoaks

Narasi yang beredar

Salah satu akun Facebook mengunggah status yang menyebutkan bahwa Thareq mendapatkan donor mata dari sang ayah, Habibie.

Informasi yang beredar itu menuliskan, Habibie telah terdaftar sebagai pendonor kornea untuk putranya sejak tahun 2016.

Selain itu, disebut pula bahwa istri Habibie, Hj Ainun Habibie atau Hasri Ainun Besari yang sebenarnya akan mendonorkan kornea matanya untuk Thareq.

Namun, karena riwayat kanker yang diidap Ainun, membuatnya tak bisa dilakukan operasi donor kornea.

Informasi yang disebarkan sejumlah akun ini juga menyampaikan bahwa tim dokter telah mengambil kornea mata Almarhum BJ Habibie sebelum dimakamkan.

Ini isi dan tangkapan layarnya:

Tangkapan layar yang menyebutkan bahwa Thareq mendapatkan donor mata dari HabibieFacebook Tangkapan layar yang menyebutkan bahwa Thareq mendapatkan donor mata dari Habibie
Thareq Kemal Habibie tampil di TV hingga pemakaman sang ayah, tetap dengan mata kanan ditutup seperti tokoh Avenger Fury. , Kenapa...???

Pasti publik penasaran, ada apa dengan mata kanan beliau ??

Ini jawabannya; kornea mata kanan Thareq Kemal ternyata rusak dari semenjak 12 tahun silam. Tadinya kornea mata sang ibu, Hj Ainun Habibie, yang akan didonorkan. Tapi saat wafat 2010 silam, riwayat kanker yg menggerogoti tubuh Ibu Ainun membuat tim dokter urung melakukan operasi donor.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X