Kepala BPPT: Habibie Lah yang Menjadi Ruh BPPT

Kompas.com - 13/09/2019, 05:50 WIB
Kepala BPPT, Hammam Riza, saat menghadiri pemakaman BJ Habibie pada Kamis (12/9/2019). BPPTKepala BPPT, Hammam Riza, saat menghadiri pemakaman BJ Habibie pada Kamis (12/9/2019).

KOMPAS.com - Kepergian presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie meninggalkan duka mendalam bagi seluruh pihak. Kegigihannya dalam memajukan bangsa, terutama di bidang teknologi meninggalkan warisan yang tak lekang oleh zaman.

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi ( BPPT), Hammam Riza mengaku bahwa seluruh anggota BPPT turut merasakan duka yang mendalam atas meninggalnya BJ Habibie.

Ia meyakini, semangat dan cita-cita besar BJ Habibie melekat pada seluruh anggota BPPT.

Menurutnya, ruh BPPT adalah Habibie, yang mencita-citakan Indonesia menjadi negara maju melalui industrialisasi atau transformasi industri.

Hal inilah yang membuat Habibie diberi kepercayaan untuk membangun Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di Indonesia sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi pada 1978-1998.

“Dengan mengemban tugas tersebut, berarti Habibie lah yang menjadi ruh BPPT. Ruh atau spirit inilah yang akan selalu dibawa oleh generasi penerusnya. Membangun Indonesia melalui penguasaan dan pendayagunaan IPTEK,” ujar Hammam saat dihubungi Kompas.com pada Kamis (12/9/2019).

Baca juga: Mengenang Habibie, dari Dunia Dirgantara hingga Kecamannya terhadap Musik Rap

Kenangan Habibie

Selain itu, Hammam masih mengingat kegigihan Habibie saat pertama kali membangun BPPT.

Hammam mengungkapkan bahwa saat itu Habibie berfokus pada pembangunan manusia atau meningkatkan sumber daya manusia (SDM), bukan pada sarana dan prasarana.

“Siapa yang akan melaksanakan transformasi industri? Jawabannya adalah SDM-nya. Maka Habibie mencari jutaan puta-putri terbaik bangsa di seluruh Indonesia untuk ikut bersamanya dalam menggapai cita-citanya tersebut,” ujar Hammam.

Menurut Hammam, harapan Habibie sudah mulai terlihat dari mayoritas pembangunan di Indonesia merupakan hasil karya putra-putri terbaik Indonesia dari binaan Habibie.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X