Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prestasi BJ Habibie, dari Pimpin Proyek N250 hingga Peroleh Penghargaan Bergengsi Edward Warner

Kompas.com - 12/09/2019, 08:38 WIB
Dandy Bayu Bramasta,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Presiden ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie meninggal dunia karena sakit di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan 25 Juni 1936 lalu ini dikenal memiliki segudang prestasi, salah satunya adalah dalam ilmu dirgantara.

Diberitakan Kompas.com (17/12/2015), Habibie adalah orang Asia pertama yang menorehkan prestasi di kiblat penerbangan sipil dunia, di Montreal, Kanada.

Selain itu, kehebatan Habibie juga diakui oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO).

ICAO memberikan penghargaan Edward Warner Award kepada Habibie.

Alasan ICAO memberikan penghargaan tersebut adalah karena Habibie dianggap menjadi perintis atau berkontribusi besar terhadap penerbangan sipil dunia.

Masih dari sumber yang sama menyebutkan, sepanjang sejarah, Habibie adalah orang ke-28 dari 39 yang menerima penghargaan Edward Warner Award.

Selain itu, ICAO beranggapan bahwa Habibie berjasa atas pengembangan desain pesawat di dunia, dan kemajuan industri dirgantara di Indonesia. Ia mendapat penghargaan tersebut pada tahun 1994.

"Pak Habibie memang insinyur hebat yang punya pemikiran yang melampaui zamannya," kata Atase Perhubungan RI di Kanada dan perwakilan Indonesia di ICAO, Agoes Soebagio, kepada Kompas.com, Rabu (16/12/2015).

Perlu untuk diketahui, pemenang Edward Warner Award bukanlah orang atau organisasi sembarangan.

Beberapa nama bersejarah lain di dunia juga pernah mendapatkan pengahrgaan tersebut, contohnya pengembang helikopter Igor Sikorsky.

Tak hanya Igor dan Habibie, orang pertama yang melakukan penerbangan tunggal melintasi Atlantik Utara dari New York menuju Paris, Charles Lindbergh, juga pernah mendapat penghargaan ini.

Nama penghargaan Edward Warner Award diambil dari pionir dirgantara asal negeri Paman Sam, Amerika Serikat sekaligus pendiri ICAO yakni Edward Warner.

Baca juga: Buya Syafii: Kata Bu Ainun, Pak Habibie adalah Manusia Tersulit di Muka Bumi

Pesawat N250 Gatot Kaca

Masih dari sumber yang sama, Habibie tidak hanya mendapatkan penghargaan dari internasional saja, kiprahnya di dalam negeri juga turut menuai kesuksesan.

Habibie adalah orang yang mengembangkan industri dirgantara Indonesia bersama Pesawat terbang Nusantara (saat ini PT Dirgantara Indonesia).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com