Kemenag: Visa Progresif Haji dan Umrah Masih Berlaku, Besaran Biayanya Dikurangi

Kompas.com - 09/09/2019, 18:54 WIB
Ilustrasi haji Kementerian Agama RIIlustrasi haji

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktur Pengelolaan Dana Haji Dan Sistem Pengelolaan Haji Terpadu Kementerian Agama RI Maman Saefulloh memastikan, visa progresif haji dan umrah saat ini masih berlaku.

Namun, keputusan terbaru Pemerintah Arab Saudi, besaran tarif visa progresif dikurangi.

Hal ini disampaikan Maman menanggapi informasi yang beredar bahwa Pemerintah Arab Saudi sudah memutuskan menghapus visa progresif.

Visa progresif tahun ini masih dikenakan bagi mereka yang berangkat kembali,” ujar Maman, saat dihubungi Kompas.com, Senin (9/9/2019).

Ia mengatakan, visa progresif berlaku bagi mereka yang sudah berhaji atau umrah, tetapi ingin kembali lagi umrah atau haji.

“Jadi perhitungannya haji dengan haji, umrah dengan umrah,” jelas Maman.

Baca juga: Ada Aturan Visa Progresif Umrah, Kemenag Belum Tahu?

Sementara itu, dikutip dari situs Kemenag, kemenag.go.id, Konsul Haji Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI di Jeddah Endang Djumali mengatakan, akan ada pengurangan biaya visa progresif.

Pengurangan itu dari 2.000 riyal menjadi 300 riyal.

Menurut Endang, ia sudah berkomunikasi dengan sejumlah pihak, yaitu Sekretaris pribadi Menteri Haji Arab Saudi Majid al Moumeni, penanggungjawab E-Hajj Mr. Farid Mandar, dan Humas Kementerian Haji Dan Umrah Saudi.

"Keputusan terbaru adalah pengurangan nominal visa progresif dari 2.000 riyal menjadi 300 riyal bagi mereka yang mengulangi atau berulang kali umrah," ujar Endang, Senin.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X