Penjelasan Haidar Alwi, Pria yang Dikira Wali Kota Malang dalam Video Viral

Kompas.com - 09/09/2019, 16:21 WIB
Seorang pria yang diduga Walikota Malang sedang mencium salah satu kaki warga Papua Tangkapan layar FacebookSeorang pria yang diduga Walikota Malang sedang mencium salah satu kaki warga Papua

KOMPAS.com - Penanggung Jawab Aliansi Relawan Jokowi (ARJ) Haidar Alwi membenarkan bahwa dirinya adalah pria yang ada dalam video viral yang beredar di media sosial.

Dalam video itu, Haidar mencium kaki beberapa warga Papua dalam sebuah acara.

Video ini banyak dibagikan ulang karena caption yang mengikutinya. Disebutkan bahwa pria dalam video itu adalah Wali Kota Malang yang meminta maaf kepada warga Papua.

Pemerintah Kota Malang, melalui Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Malang, Muhammad Nur Widianto menegaskan, bahwa pria dalam video itu bukan Wali Kota Malang Sutiaji.

Haidar menjelaskan, peristiwa yang terekam dalam video itu terjadi pada Diskusi Gerakan Nasional Perempuan Pembawa Kerukunan dan Perdamaian pada Rabu (4/9/2019), di Hotel Mega Proklamasi, Jakarta.

"Iya benar, itu saya. Spontanitas saja. Saat itu kan acara Perbangsa, saya sebagai pembicara saat itu," kata Haidar saat dihubungi Kompas.com, Senin (9/9/2019).

Baca juga: Pemkot Malang: Pria yang Cium Kaki Warga Papua dalam Video Viral Bukan Wali Kota Malang

Haidar mengungkapkan, semua itu dilakukannya secara spontan dan ia menyampaikan permintaan maaf.

"Dijejerin semua saya bilang minta maaf, spontanitas saja. Yang paling ujung itu, saya peluk saya tunduk. Kalau bisa, saya buang ego saya jauh-jauh supaya Saudara-saudara saya di Papua jangan dikorbanin, langsung saya cium kakinya," kata Haidar.

"Ada 11 orang Papua di situ, mau saya cium satu-satu enggak boleh malahan," lanjut dia.

Ia menyebutkan, beberapa warga Papua yang hadir dalam acara itu adalah ibu-ibu asal Papua yang anaknya sedang kuliah di Jakarta.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X