Sambut Hari Olahraga Nasional, Katahui 10 Manfaat Olahraga Bagi Anak

Kompas.com - 08/09/2019, 19:00 WIB
Ilustrasi anak aktif ShutterstockIlustrasi anak aktif


KOMPAS.com - Audisi umum beasiswa bulu tangkis PB Djarum akan dihentikan pada tahun depan.

Alasan dihentikannya audisi pencarian bakat olahraga bulu tangkis tersebut karena adanya tudingan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bahwa audisi tersebut memanfaatkan anak-anak untuk mempromosikan merek Djarum yang tidak lain adalah produk rokok.

Hal itu disayangkan oleh banyak pihak. Di media sosial Twitter saja, warganet ramai-ramai menyesalkan penghentian audisi beasiswa PB Djarum itu.

Namun, di luar kabar penghentian audisi tersebut, tanggal 9 September selau diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional (HAORNAS). Untuk diketahui, olahraga jenis apapun (termasuk bulu tangkis) memiliki beberapa manfaat bagi anak-anak.

Baca juga: Dari Hobi Karyawan hingga Menelurkan Atlet Berprestasi, Ini Sejarah PB Djarum

Dilansir dari Kompas.com (1/8/2012), setidaknya ada 10 manfaat melakukan olahraga bagi anak-anak.

1. Meningkatkan kesehatan

Peneliti dari Centers for Disease Control membuktikan, salah satu masalah yang dialami anak-anak di Amerika adalah obesitas.

Masalah tersebut dapat meningkatkan faktor risiko penyakit diabetes dan darah tinggi tiga kali lipat saat menginjak dewasa.

Salah satu cara yang sangat dianjurkan adalah dengan melakukan olahraga. Karena olahraga dapat membantu membakar kalori yang tidak dibutuhkan tubuh, dan mencegah obesitas.

2. Meningkatkan kecerdasan

Penelitian dari Michigan State University's Institute mengungkapkan, anak-anak yang sering melakukan olahraga terbukti lebih cerdas daripada mereka yang tidak olahraga.

Selain itu, olahraga juga dapat membantu mengajarkan anak untuk lebih berkonsentrasi pada tugas dan dapat mengatur waktu lebih efektif.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X