[HOAKS] Pemutihan SIM untuk Smart SIM Berlaku Mulai 25 Agustus 2019

Kompas.com - 05/09/2019, 19:15 WIB
Hoaks pemutihan SIM yang sudah mati dan buat sim baru berlaku mulai tanggal 25 Agustus 2019. Facebook: OLCHoaks pemutihan SIM yang sudah mati dan buat sim baru berlaku mulai tanggal 25 Agustus 2019.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Sebuah unggahan berisi informasi mengenai pemutihan SIM yang sudah mati bisa diperbarui tanpa melakukan tes lagi beredar di media sosial dan aplikasi pesan WhatsApp pada Kamis (5/9/2019).

Disebutkan juga bahwa pemutihan SIM dan pembuatan SIM baru berlaku mulai 25 Agustus 2019.

Atas tersiarnya kabar tersebut, Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri membantah bahwa informasi pemutihan SIM berasal dari Kepolisian.

Narasi yang beredar:

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, unggahan pemutihan SIM ini diunggah oleh salah satu pengguna Facebook OCL pada Jumat (30/8/2019), yang kemudian tersebar kembali hingga Kamis (5/9/2019).

Dalam unggahan itu, dilengkapi keterangan dan foto dengan tampilan depan dan belakang Smart SIM yang rencananya akan dirilis pada 22 September 2019 mendatang.

Selain itu, pihak pengunggah juga meminta masyarakat untuk menyebarluaskan pesan itu.

Berikut bunyi unggahan itu:

"Pemutihan SIM yang sudah mati dan buat SIM baru, berlaku mulai tanggal 25 Agustus 2019. Tolong dibantu share ya, agar yang memiliki SIM mati bisa diperbarui tanpa mengulang tes lagi. Berlaku seluruh Indonesia."

Baca juga: Viral, Pemutihan SIM untuk Smart SIM Berlaku Mulai 25 Agustus 2019

Penelusuran Kompas.com:

Mengonfirmasi adanya pesan yang belum jelas kebenarannya itu, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri mengungkapkan bahwa kabar pemutihan SIM adalah tidak benar alias hoaks.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X