Kasus Suami Aniaya Istri, Ini 4 Cara Mengatasi Cemburu yang Berlebihan

Kompas.com - 05/09/2019, 14:13 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Seorang suami di Ogan Ilir Sumatera Selatan, Avid (48) dikabarkan tega menganiaya istrinya, Santi (40) hingga tewas dengan cara dipukul menggunakan besi behel, Rabu (4/9/2019).

Perbuatan nekat sang suami tersebut dilandasi faktor cemburu dan menuduh istrinya telah menjalin hubungan dengan orang lain.

Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah cemburu pada pasangan kita?

Dilansir dari laman Hello Sehat, cemburu merupakan perasaan alami dari manusia ketika ada ancaman yang dianggap membahayakan keberadaan dirinya.

Rasa cemburu dapat memberikan efek tidak nyaman, tidak dihargai, sensitif, marah, sedih, frustasi, bahkan bisa juga berujung depresi. Berikut 4 cara mengatasinya:

1. Jangan langsung menghakimi

Perasaan cemburu akan menimbulkan efek negatif dan pada akhirnya akan menyebabkan konflik, perpisahan, bahkan kekerasan dalam hubungan.

Anda perlu mengubah pola berpikir dan memandang sesuatu. Hanya karena Anda merasa ada ancaman, lalu Anda berpikir bahwa hal tersebut pasti akan terjadi.

Hal tersebut dapat memicu cemburu yang berlebihan bila Anda tidak mengendalikannya. Pikirkan secara matang dan gunakan logika Anda.

Secara tidak langsung, kecemburuan ini berkaitan dengan komitmen yang Anda buat dengan pasangan semenjak pertama kali menjalin hubungan.

Bila Anda sudah yakin bahwa ia mencintai Anda sepenuh hati, lalu apa yang harus dipermasalahkan?

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Sumber hellosehat
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X